Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Realisasikan 9 program Prioritas Tahun 2022

Iklan

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Realisasikan 9 program Prioritas Tahun 2022

Redaksi
Jumat, Desember 30, 2022 | 07:03 WIB 0 Views Last Updated 2022-12-30T00:03:58Z

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Realisasikan 9 program Prioritas Tahun 2022


Suaralampung.com, Pringsewu - Kepala dinas lingkungan hidup pringsewu paparkan capaian tahunan kinerja dinas lingkungan hidup Kab. Pringsewu tahun 2022, pada Kamis (29/12/2022). Saat di wawancarai oleh tim suaralampung.com diruang kerjanya nur fajri mengatakan dalam tahun anggaran 2022 dinas lingkungan hidup kab.pringsewu telah realisasikan 9  (sembilan ) program kegiatan antara lain program penunjang urusan pemerintahan daerah kabupaten/kota, program pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup,


Program pengelolaan keanekaragaman hayati kabupaten/kota, program pengendalian bahan berbahaya dan beracun (B3) dan limbah bahan berbahaya dan beracun (Limbah B3), program pengelolaan persampahan, Program pembinaan dan pengawasan terhadap izin lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH), program peningkatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan lingkungan hidup untuk masyarakat, program penghargaan lingkungan hidup untuk masyarakat, dan program penanganan pengaduan lingkungan hidup. 


Dalam rangka melaksanakan pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan di kabupaten pringsewu, dinas lingkungan hidup kabupaten pringsewu telah melakukan pengujian rutin kualitas air lindi dan sumur pantau TPA bumi ayu setiap bulan, serta pengujian kualitas air sungai 2 semester di 14 titik pemantauan, meliputi Hulu dan Hilir Sungai Way Sekampung, Way Semah, Way Tahu, Way Ngison, Way Tebu 1, Way Tebu 2, dan Way Bulok. Secara rutin melakukan monitoring dan juga evaluasi pemanfaatan lingkungan dengan menyusun dokumen IKLH (indeks kualitas lingkungan hidup) yang indeksnya secara nasional dimonitor tiap tahunnya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. IKLH Kabupaten Pringsewu Tahun 2022 masuk dalam kategori “Sedang” dengan Skor 59,33.


Melaksanakan pengelolaan keanekaragaman hayati di Kabupaten Pringsewu, telah dilaksanakan pemeliharaan rutin taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang meliputi : Tugu Perbatasan Pringsewu-Pesawaran, Tugu Tani Wates, Rest Area Pringsewu, Ornamen Pringsewu, Tugu Gajah Pringsewu, Pemda Pringsewu, Tugu Payung, Tugu Pemuda, Tugu Bambu, Tugu Tani Pajaresuk, Taman Tugu Latsitarda (Pendopo), Taman Ulam Mas Pagelaran, Tugu ODF Pagelaran, dan Median Jalan Islamic Center. 


Selain itu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu juga telah melaksanakan kegiatan rehab Tugu Gajah Pringsewu, dan rehab Area Pendopo pringsewu Dan juga dalam rangka melaksanakan pengelolaan sampah di kabupaten pringsewu, dinas lingkungan hidup telah dilaksanakannya kegiatan rutin pengelolaan sampah di TPS 3R (Pringsewu Barat, Pringsewu Utara, dan Pringsewu Selatan), TPST (Pekon Podomoro, dan Sidoharjo), dan TPA bumi ayu. Dan telah dilaksanakannya rehab 9 unit kontainer sampah, dan pembelian 3 gerobak sampah. Selain itu, serta mengoptimalkan pengelolaan sampah di Kabupaten Pringsewu, DLH telah mengadakan sosialisasi pembentukan Kelompok Masyarakat Pengelola Sampah (KOMPAS), dan hingga saat ini telah terbentuk 14 KOMPAS di kabupaten pringsewu.


Dinas lingkungan hidup kabupaten pringsewu telah menerbitkan 207 rekomendasi lingkungan hidup terkait pelayanan perizinan, telah melakukan penyusunan dokumen DDDTLH dan dokumen RPPLH, dan telah dilaksanakannya pengawasan pada tempat usaha/kegiatan di kabupaten ringsewu terkait pelaksanaan dokumen lingkungan. 


Selain itu, dinas lingkungan hidup kabupaten pringsewu telah memberikan pembinaan ke sekolah-sekolah terkait adiwiyata, dan telah diberikannya penghargaan adiwiyata Kabupaten kepada 5 sekolah di kabupaten pringsewu dan 2 sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata provinsi lampung tutup nur fajri. (red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Realisasikan 9 program Prioritas Tahun 2022

Trending Now

Iklan

iklan