Pengurus Padepokan Cimanuntung Lestarikan Salah Satu Warisan Seni Budaya Banten Silat "Bandrong Terumbu Cimande

Iklan

Pengurus Padepokan Cimanuntung Lestarikan Salah Satu Warisan Seni Budaya Banten Silat "Bandrong Terumbu Cimande

Redaksi
Minggu, Juni 25, 2023 | 13:57 WIB 0 Views Last Updated 2023-06-25T07:31:05Z

Tanggamus Suaralampung.com,  Talangpadang - Untuk terus menjaga salah satu warisan seni budaya Banten Pencak Silat, "Bandrong Terumbu Cimande" agar tidak tergerus zaman, Jajaran Pengurus Padepokan Cimanuntung, di ketuai oleh Nustriyanto dan Fadil Jawad.SB, sebagai penasehat, kembali melestarikan dengan melakukan pelatihan yang dilaksanakan setiap Rabu malam dan Sabtu Malam, Di Pekon Sinar Banten, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus Lampung. Minggu, (25/06/2023).

Nustriyanto, Ketua Padepokan Cimanuntung didampingi Fadil Jawad. SB, penasehat. menyampaikan
pada kesempatan malam ini, Alhamdulillah kami segenap jajaran pengurus Padepokan Cimanuntung terus berkomitmen untuk melestarikan kembali salah satu warisan budaya Banten Pencak Silat Bandrong Terumbu Cimande, merupakan gabungan dari pencak silat dan debus dengan terus melakukan pelatihan pengajaran kepada para pemuda pemudi anak anak didik untuk dapat meningkatkan, melestarikan dan mengembangkan warisan tersebut.

Sambungnya, ia menceritakan sedikit silsilah asal usul nama padepokan yang diberi nama cimanuntung, merupakan asal usul dari padepokan persilatan Cimande, sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan oleh juru pencak silat yang sudah sekian lama ditemukan dan diciptakan oleh seorang Tokoh Ulama, Abuya Tubagus Syar'i berasal dari Ciomas Banten pada abad ke-15 Masehi. Ungkapnya.                                                       .                                                                      "Untuk menjaga dan melestarikan seni budaya Banten dan mengisi kegiatan yang positif untuk generasi penerus supaya tangguh dan tidak ada salah dalam Bergaul maka tidak ada salahnya muda mudi kita dikenalkan dan dilatih dengan budaya pencak silat milik kita sendiri yaitu, "bandrong Terumbu Cimande" dari Banten. imbuhannya.                                                   .                                                                                                         Fadil Jawad.SB, penasehat Padepokan Cimanuntung menambahkan, sebagai orang Banten harus mendukung dan mensupport kegiatan positif menjaga dan melestarikan warisan seni budaya dari leluhu kita, uwong Banten supaya tetap Lestari dan dikenal oleh masyarakat luas dan supaya tidak tergerus oleh zaman. Tuturnya.

Kepala Pekon Sinar Banten, Muhammad Amin Jasuta, yang turut  hadir pada latihan pencak silat dan debus malam ini, mengatakan, sangat sangat mengapresiasi dan mendukung dengan kembali dilaksanakannya kegiatan tersebut, tetap semangat terus dilestarikan budaya seni pencak silat, karena masih banyak generasi penerus untuk kedepan. Ujarnya.

M.Amin Jasuta, berpesan kepada anak-anak didik tingkatkan terus berlatih maju jangan kendor harus semangat, tutupnya.(Sarip/Apriadi/AZHIMI)                                                .
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengurus Padepokan Cimanuntung Lestarikan Salah Satu Warisan Seni Budaya Banten Silat "Bandrong Terumbu Cimande

Trending Now

Iklan

iklan