Serangan Harimau Picu Perhatian Potensi Pidana di Sektor Lingkungan Hidup, Ini Pesan Kasi Intel Kejari Lampung Barat

Iklan

Serangan Harimau Picu Perhatian Potensi Pidana di Sektor Lingkungan Hidup, Ini Pesan Kasi Intel Kejari Lampung Barat

Jumat, Maret 01, 2024 | 22:28 WIB 0 Views Last Updated 2024-03-01T15:32:14Z
Suaralampung.com, Lampung Barat -  Sehubungan dengan peristiwa serangan harimau Sumatera di Kabupaten Lampung Barat, Kejaksaan Negeri Lampung Barat memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga ekosistem lingkungan guna mencegah kerusakan yang membahayakan warga dan satwa liar, Kamis 29 Februari 2024.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kasi Intel Kejari) Lampung Barat, Ferdy Andrian, mengatakan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sebagai langkah pencegahan tidak hanya terhadap serangan hewan liar, tetapi juga untuk melindungi sumber daya alam yang berharga.

"Dalam konteks serangan harimau, keberlanjutan ekosistem adalah tanggung jawab bersama. Kejaksaan Negeri Lampung Barat menghimbau masyarakat untuk melibatkan diri dalam menjaga lingkungan sekitar sebagai upaya nyata melindungi alam," ungkap Ferdy Andrian.

Kejari Lampung Barat juga menyoroti pemahaman hukum terkait kegiatan yang dapat merusak ekosistem. Masyarakat diingatkan untuk menghindari praktik-praktik ilegal seperti pembalakan liar dan penambangan liar yang dapat mengancam keseimbangan alam.

Investigasi Mendalam Terkait Serangan Harimau

Ferdy Andrian menjelaskan, bahwa pihak kejaksaan melalui bidang intelijen penegakan hukum akan melakukan investigasi  menyeluruh terkait serangan harimau yang menyebabkan penambahan dua korban tewas. Fokus investigasi melibatkan potensi kegiatan ilegal seperti pembalakan dan penambangan liar di wilayah ekosistem harimau.

"Kami akan menelusuri apakah ada keterkaitan antara kegiatan ilegal dengan masuknya harimau ke pemukiman warga. Dugaan tersebut dapat berpotensi menjadi tindak pidana yang merugikan negara," tegas **Ferdy Andrian**.

Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Prioritas Utama

Kejaksaan Negeri Lampung Barat menekankan bahwa isu-isu terkait kerusakan ekosistem dan lingkungan akan menjadi fokus utama dalam penegakan hukum. Komitmen ini sejalan dengan upaya melindungi keberlanjutan ekosistem harimau Sumatera dan mencegah serangan-serangan yang membahayakan warga.

Masyarakat diundang untuk berperan aktif dengan memberikan informasi terkait aktivitas ilegal yang dapat merusak ekosistem, demi keamanan dan mencegah  kerugian negara.

"Pelaku yang terlibat dalam dugaan tindak pidana di bidang lingkungan hidup akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Kejaksaan Negeri Lampung Barat berkomitmen mendukung pelestarian alam dan keberlanjutan ekosistem. Mari bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem Lampung Barat," tutur Ferdy Andrian.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Serangan Harimau Picu Perhatian Potensi Pidana di Sektor Lingkungan Hidup, Ini Pesan Kasi Intel Kejari Lampung Barat

Trending Now

Iklan

iklan