Panen Pepaya California, Kadivpas Apresiasi Pengolahan Lahan Produktif Lapas Tanjung Pandan

Iklan

Panen Pepaya California, Kadivpas Apresiasi Pengolahan Lahan Produktif Lapas Tanjung Pandan

Jumat, Juni 14, 2024 | 12:07 WIB 0 Views Last Updated 2024-06-14T05:07:39Z
Suaralampung.com, Belitung  —

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel, Kunrat Kasmiri melaksanakan panen Pepaya California di Area Blok Hijau Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kamis (13/6).

Kegiatan tersebut dilaksanakan disela-sela dalam rangka Pembinaan dan Monitoring Pelaksanaan Tusi Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Kebun Warga Binaan yang dibuat dengan memanfaatkan lahan kosong dan tandus ini menghasilkan berbagai jenis sayuran seperti terong, cabe, sawi dan tomat, serta Pepaya California sebagai Tanaman Unggulan sebanyak 120 Pohon. 

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Babel Kunrat Kasmiri mengapresiasi kegiatan pembinaan di Lapas Tanjungpandan yang memberikan ruang kreativitas tanpa batas kepada warga binaan meskipun dengan kondisi lahan terbatas. 

“Kegiatan pertanian ini sangat inovatif, selain mengisi waktu kegiatan ini juga dapat memberikan pelatihan keterampilan khususnya bercocok tanam dilahan tandus. Sehingga WBP dapat lebih produktif, memperoleh penghasilan dari penjualan hasil panen, dan terpenting ada ruang kreativitas sebagai bekal pengalaman bagi warga binaan," ujar Mantan Kalapas Sukamiskin ini. 

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Gowim Mahali menuturkan bahwa program pembinaan di Lapas Tanjungpandan terus dikembangkan sesuai motto Pemasyarakatan Berdampak. Jajarannya mengedepankan program pembinaan yang terukur dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat, sehingga memiliki dampak positif bagi Warga Binaan ketika kembali ke Masyarakat. 

Seraya menambahkan, selain Pembinaan Kemandirian Pertanian, pihaknya juga telah menjalanin kerjasama diantaranya dengan Sepiak Belitung untuk memberikan pelatihan EcoPrint dan membatik hingga pemasaran hasil karya warga binaan Lapas Tanjungpandan dengan Branding Be Kawan (Belanja Karya Warga Binaan).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Panen Pepaya California, Kadivpas Apresiasi Pengolahan Lahan Produktif Lapas Tanjung Pandan

Trending Now

Iklan

iklan