Mustafa. Hadapi MEA Mahasiswa Harus Cerdas Baca Peluang

Iklan

Mustafa. Hadapi MEA Mahasiswa Harus Cerdas Baca Peluang

Redaksi
Jumat, Desember 09, 2016 | 12:49 WIB 0 Views Last Updated 2016-12-09T05:49:52Z

Suaralampung.com. Bandar Lampung - Menghadapi persaingan bebas dalam masyarakat ekonomi Asean (MEA), mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus dituntut untuk cerdas dalam melihat peluang usaha, tidak fokus mencari kerja.

Pesan tersebut disampaikan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa dalam diskusi menyongsong masa depan bersama mahasiswa himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Pemikiran Politik Islam Fakultas Ushuludin IAIN Raden Intan, Kamis (8/12/16).

Mengusung tema "Langkah strategis pemerintah daerah dalam membantu mahasiswa dalam menghadapi tantangan MEA", diskusi diikuti ratusan mahasiswa dengan tujuan mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi MEA.

Pada kesempatan itu Mustafa mengajak mahasiswa untuk melihat MEA sebagai peluang, bukan ancaman. "MEA adalah tantangan yang harus kita hadapai. Untuk bisa bersaing di dalamnya, kita harus mengupgrade diri, meningkatkan skill dan cerdas melihat peluang yang ada," ungkap Mustafa.

Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi saat ini, mahasiswa juga mutlak harus menguasai IT. Hal ini penting mengingat persaingan tak lagi mengarah pasar lokal tetapi pasar internasional. Penguasaan teknologi, sebut Mustafa menjadi salah satu kunci memenangkan persaingan global saat ini.

"Banyak petani kita yang begitu hebat memproduksi pangan dengan berbagai komoditas, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa karena minimnya pengetahuan teonologi. Mereka akhirnya hanya bisa menjadi produsen tanpa mampu mengembangkan pasar lebih luas lagi," imbuhnya.

Sementara itu, terkait upaya pemerintah daerah (Pemda) dalam menghadapi tantangan MEA, Mustafa menerangkan ada empat poin yang telah  diimplementasikan di Lampung Tengah, mulai dari penetapan regulasi, pemberdayaan masyarakat, reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan.
Diskusi berlangsung interaktif dengan adanya aksi tanya jawab antara mahasiswa dengan narasumber. Pada kesempatan itu Mustafa juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Lampung Tengah yang kuliah di IAIN Raden Intan Lampung.
Rektor IAIN Raden Intan Prof. Dr. H. Mukri, MA dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya atas pengetahuan dan teladan yang diberikan Bupati Mustafa. Sebagai pemimpin muda, kehadiran Mustafa diharapkan mampu menjadi inspirasi mahasiswa untuk mengejar kesuksesan sedini mungkin.

"Jika sekarang kita masih nothing (bukan siapa-siapa), kita harus mempunyai tekad untuk menjadi something dan everthing. Kita harus menjadi generasi yang mampu diperhitungkan, sehingga kita tidak akan kalah menghadapi persaingan apapun," pungkasnya.(irul)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mustafa. Hadapi MEA Mahasiswa Harus Cerdas Baca Peluang

Trending Now

Iklan

iklan