Dinas Kesehatan Tulang Bawang Gencarkan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk

Iklan

Dinas Kesehatan Tulang Bawang Gencarkan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk

Redaksi
Selasa, Januari 31, 2017 | 19:12 WIB 0 Views Last Updated 2017-01-31T12:12:45Z

Suaralampung.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang di tahun 2016 kemarin, merilis ditemukan kasus terjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sebanyak 314 kasus, dengan korban meninggal 4 orang di daerah setempat. Selasa (31/1)

Karenanya sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit DBD pada tahun 2017, serta menghadapi musim penghujan dan pancaroba saat ini, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melalui Dinas Kesehatan, berupaya untuk menggencarkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebar penyakit DBD."Karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan". Kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang ini

Sejumlah kegiatan dilaksanakan Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi DBD. Salah satunya menggencarkan himbauan kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan menggalakkan kampanye Gerakan 3M plus.Hal itu menurut Herry Novrizal, pemberantasan Sarang Nyamuk dengan cara 3M Plus merupakan salah satu upaya pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien, serta dapat dilakukan oleh semua masyarakat."Kegiatan 3M plus tersebut adalah, Mengubur, Menguras, Menutup, dan Menabur bubuk abate ke tempat penampung air. Gerakan tersebut bertujuan mencegah perkembang biakan nyamuk aedes aegypti sebagai vektor penularan DBD," urainya.

Menghilangkan jentik-jentik/larva nyamuk, tambah Dia, lebih mudah daripada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa. Karena nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di genangan air yang bersih di sekitar lingkungan kita."Untuk pemberantasan jentik ini kita bisa lakukan berbagai cara, salah satunya adalah menaburkan bubuk abate (abateisasi)". Ujarnya

Untuk mendukung gerakan ini, Dinas Kesehatan Tulangbawang juga telah memerintahkan kepada jaringan pelayanan kesehatan yang ada, seperti Puskesmas, Posyandu hingga Rumah Sakit Daerah, untuk terus mengampanyekan gerakan 3M Plus dan pola hidup sehat kepada masyarakat."Kami telah memberikan surat edaran sistem kewaspadaan dini terhadap penyebaran DBD tersebut kepada seluruh kepala Puskesmas". Tutupnya (Joni).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Kesehatan Tulang Bawang Gencarkan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk

Trending Now

Iklan

iklan