Pemkab Lambar Adakan Seleksi Muli Mekhanai 2017

Iklan

Pemkab Lambar Adakan Seleksi Muli Mekhanai 2017

Redaksi
Kamis, April 06, 2017 | 14:09 WIB 0 Views Last Updated 2017-04-06T07:09:27Z

Suaralampung.com.Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat menggelar Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017 yang dilaksanakan di ruang rapat kagungan pemkab setempat, Kamis (06/04). 

Acara tersebut dibuka wakil bupati Lambar Drs. Makmur Azhari, dan dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian Ir. Noviardi Kuswan, Asisten III Bidang Pemerintahan Umum Gunawan Rasyid S.H, Kepala OPD serta Tim Penilai dan Peserta.

Kepala Dinas kepemudaan, olahraga dan pariwisata, Indra Kesuma, S.Sos., mengatakan, penyelenggaran kegiatan Pemilihan Muli Mekhanai di Kabupaten Lambar bertujuan untuk menggali potensi muli mekhanai yang mempunyai minat dalam bidang show biz dan tempat menyalurkan bakat minat untuk mengembangkan diri berkreasi dalam hal yang positif.

Selain itu, mengajak muli mekhanai Lambar untuk lebih mengenal dan mencintai seni dan tradisi daerah khususnya Lambar. Ajang kreasi bagi muli mekhanai Lambar untuk mengembangkan kepariwisataan daerah Lambar yang berwawasan lingkungan.

Selanjutnya sebagai duta wisata yang kelak dapat mempromosikan objek wisata dan tradisi Lambar keluar daerah di harapkan dapat membantu kabupaten Lambar dalam setiap event baik dalam maupun luar daerah, menciptakan kegiatan positif dan menyehatkan di semua lapisan masyarakat khusunya di kalangan remaja agar mereka terhindar dari pengaruh - pengaruh buruk dari luar seperti pergaulan bebas dan narkoba.

Kemudian peserta pemilihan ini berasal dari utusan sekolah perguruan tinggi dan umum yang nantinya akan di nilai dan di seleksi menjadi pemenang muli dan mekhanai serta atribut juara lainnya yang terdiri dari performance nya meliputi estetika berbusana, catwalk, photo style, tata rias, fashion.

Kecakapan meliputi pengetahuan tentang kepariwisataan dan ketradisian, wawasan dan pengetahuan populer, telent show (Unjuk bakat). Personaliti meliputi tablet manner (Etika dan aturan makanan dan minum, publik speaking, etika pergaulan. "Berkaitan dengan tempat di laksanakan kegiatan ini akan di laksanakan di ruang rapat keagungan dan GSG nata margha pemkab Lambar dari tanggal 6 sampai dengan 17 April 2017 dan saat ini peserta berjumlah 31 mulli dan 22 mekhanai kemungkinan peserta masih akan bertambah," terang Indra.

Sementara itu Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari menyampaikan, sebagai salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Lampung, Kabupaten Lampung Barat memiliki berbagai potensi pariwisata dan keanekaragaman budaya yang tidak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Lampung. Potensi pariwisata dan kekayaan budaya ini harus kita tumbuh kembangkan sebagai aset Lambar agar Kabupaten Lambar diminati oleh wisatawan untuk menjadi tujuan wisata.

Kemudian dalam era seperti sekarang ini kita tidak boleh pasif dan berdiam diri agar kita tidak tertinggal dengan daerah lain. Kita harus selalu pro aktif menggunakan peluang dan kesempatan yang ada. Berbagai upaya harus kita lakukan untuk mengangkat harkat dan martabat daerah yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan kita bersama masyarakat Lambar. Berangkat dari pemikiran yang saya kemukakan tadi, maka ajang pemilihan muli mekhanai kabupaten Lambar  yang pembukaannya dilaksanakan pada hari ini diharapkan akan mampu meng-informasikan secara menyeluruh potensi pariwisata dan khasanah budaya daerah Lambar yang kita cintai.

Selanjutnya ajang pemilihan muli mekhanai ini merupakan satu ajang untuk menunjukkan kemampuan dan bakat bagi para peserta. disamping itu melalui ajang kegiatan ini, muli mekhanai akan mendapatkan pengalaman dibidang kepariwisataan dan entertaiment yang nantinya dapat menjadi bekal sebagai duta Lambar pada ajang yang sama di tingkat provinsi bahkan Nasional.

Melalui ajang kegiatan ini juga kita dapat memberikan tontonan dan hiburan yang positif bagi masyarakat, sehingga masyarakat memiliki pemahaman tentang kegiatan ini yang pada akhirnya akan selalu mendukung dan akan menjadi event yang dinantikan oleh masyarakat terlebih lagi bagi yang memiliki putra dan putri yang mempunyai minat dan bakat serta kemampuan dalam mengembangkan bakat dan kreativitasnya di ajang ini.

"Saya berharap kepada para finalis muli mekhanai kali ini agar pengalaman dan pengetahuan yang didapat dalam pemilihan ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena tidak semua muli mekhanai akan memperoleh kesempatan seperti ini. Dan kepada para finalis muli mekhanai, terlebih lagi untuk merebut predikat juara agar dapat menjaga citra diri sebagai muli mekhanai Lambar," ungkapnya.

Disamping itu juga, kepada muli mekhanai yang pada kesempatan ini mendapatkan predikat juara akan dikirim mewakili Lambar ke ajang pemilihan muli mekhanai tingkat provinsi Lampung. "Kepada peserta yang nantinya belum berkesempatan mendapatkan predikat juara agar tidak berkecil hati, masih ada kesempatan di ajang yang sama di tahun mendatang," pungkasnya. (Eko)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Lambar Adakan Seleksi Muli Mekhanai 2017

Trending Now

Iklan

iklan