Mustafa Dianugerahi Gelar Suttan Jurai Siwo Mergo

Iklan

Mustafa Dianugerahi Gelar Suttan Jurai Siwo Mergo

Redaksi
Kamis, Juli 20, 2017 | 22:15 WIB 0 Views Last Updated 2017-07-20T15:15:26Z


Suaralampung.Com, - Tak hanya 311 tokoh masyarakat, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa juga mendapatkan gelar baru dari perhelatan Gawi Agung Bejuluk Beadek. Dari gelar adat sebelumnya yakni Suttan Turunan Aji, kini menjadi Suttan Jurai Siwo Mergo.

Muhtaridi Putra Negara yang juga tetua adat Lampung Pepaddun ini mengatakan, pemberian gelar Suttan Jurai Siwo Mergo kepada Bupati Mustafa sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi dari 9 kebuayan Jurai Siwo.

"Gelar adat Suttan Jurai Siwo Mergo berarti bahwa beliau (Mustafa-red) adalah penguasa atau raja dari sembilan kebuayan Jurai Siwo di Lampung Tengah. Ini diberikan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dari sembilan kebuayan kepada beliau," jelasnya.

Atas penghormatan tersebut, Bupati Mustafa mengucapkan terima kasih kepada 9 kebuayan Jurai Siwo dan tokoh masyarakat melestarikan kebudayaan Lampung.

"Tidak peduli latar belakang suku yang dibawa, diberikannya gelar adat kepada 311 kepada tokoh masyarakat berarti bahwa semua telah menjadi bagian dari keluarga Lampung. Saya minta semuanya melestarikan budaya kita secara luas. Kita kenalkan adat istiadat kita ke nasional bahkan internasional," tandasnya. 

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mempunyai tanggung jawab dan semangat yang sama untuk mewujudkan Lampung Tengah dari berbagai aspek termasuk dari aspek kebudayaan.


"Kita tinggal di Lampung, lahir dan mencari penghidupan disini. Sudah selayaknya kita bangga dengan apa yang kita miliki. Masih banyak masyarakat diluaran sana tidak mengenal kebudayaan kita, sejarah, makanan khasnya, maupun adat istiadatnya. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, mari kita kenalkan Lampung secara luas," ujar bupati ( tri).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mustafa Dianugerahi Gelar Suttan Jurai Siwo Mergo

Trending Now

Iklan

iklan