Kodim 0421/LS Bersama Polhut Provinsi Patroli Hutan Diduga Pembalakan Liar

Iklan

Kodim 0421/LS Bersama Polhut Provinsi Patroli Hutan Diduga Pembalakan Liar

Redaksi
Sabtu, Maret 16, 2019 | 16:12 WIB 0 Views Last Updated 2019-03-16T09:12:37Z

PESAWARAN suaralampung.com - Menindaklanjuti informasi dari masyarakat tentang maraknya kegiatan yang diduga pembalakan liar yang terjadi di wilayah hutan Register 19 Tahura Wan Abdurrahman Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, pada Sabtu, (15/3/19), sekira pukul 08.00 WIB dilaksanakan kegiatan Patroli Gabungan Polisi Kehutanan (Polhut) Provinsi Lampung bersama anggota TNI Kodim 0421/LS.

Adapun wilayah dalam kawasan Register 19 yang di awasi meliputi Pulau Raya, Umbul Solo, Limbungan dan Sungai Rajasin.

Menurut Amir Syah, Kasat Polhut Provinsi Lampung mengatakan patroli rutin ini akan terus dilakukan secara tiba-tiba agar tidak terbaca oleh para pembalak liar.

"Untuk kegiatan patroli kedepan akan melibatkan unsur-unsur TNI maupun Polisi yang ada di wilayah. Hal ini dilakukan karena keterbatasan tenaga dan luasnya daerah yang akan dipantau," kata Amir Kasat Polhut

Dalam kesempatan yang sama Dandim 0421/LS yg diwakili oleh Kapten Inf Suprapto Danramil 02/Gedong Tataan mengatakan bahwa TNI dalam hal ini Kodim 0421/LS akan siap membantu dalam mengatasi masalah pembalakan liar yg semakin marak saat ini.

"Dampak langsung akibat pembalakan liar di kawasan hutan yang dialami oleh warga masyarakat di Kecamatan Gedong Tataan dan wilayah sekitarnya adalah banjir pada musim hujan seperti sekarang ini," ungkapnya.

Ia juga menghimbau agar warga masyarakat secara bersama-sama mengasi kawasan hutan.

"Kami menghimbau agar warga masyarakat secara bersama-sama mengasi menjaga kelestarian kawasan hutan dan melaporkan apabila terjadi pembalakan liar kepada aparat setempat," himbaunya.

"Kegiatan patroli gabungan kali ini melibatkan sekitar 30 personel baik dari Polhut Propinsi Lampung, Dinas Kehutanan Propinsi Lampung, Kodim 0421/LS dan beberapa elemen masyarakat pemerhati lingkungan hidup," tambahnya.

Sementara Danramil 01/Kedondong Kapten Chb. Agus Masgus menyatakan bahwa dalam Patroli ditemukan beberapa barang bukti kegiatan.

"Dalam Patroli kali ini beberapa barang bukti kegiatan pembalakan liar seperti 130 Balok Kaleng, 9 Lok jenis kayu Sonokeling, tenda dan bahan bakar. Barang bukti ini selanjutnya diamankan oleh Polhut Propinsi Lampung," pungkasnya.

(*ygi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kodim 0421/LS Bersama Polhut Provinsi Patroli Hutan Diduga Pembalakan Liar

Trending Now

Iklan

iklan