Pemerintah Provinsi Lampung Meraih Tiga Penghargaan Tingkat Nasional di Bidang PKK

Iklan

Pemerintah Provinsi Lampung Meraih Tiga Penghargaan Tingkat Nasional di Bidang PKK

Redaksi
Rabu, Juli 24, 2019 | 21:16 WIB 0 Views Last Updated 2019-07-24T14:16:39Z

Suaralampung.Com.
SUMATERA BARAT -- Pemerintah Provinsi Lampung meraih 3 (tiga) penghargaan tingkat Nasional di bidang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Bahkan sekaligus meraih tiga penghargaan melalui perwakilan TP-PKK Kabupaten Pringsewu, Pesisir Barat, dan Tanggamus.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ibu Erni Guntarti Tjahjo Kumolo pada acara pembukaan pameran produk UP2K PKK yang juga merupakan rangkaian acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ke-47, yang dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/07/2019).

Ketiga kabupaten tersebut meraih penghargaan dimasing-masing kategori. Untuk Kabupaten Pringsewu meraih penghargaan dikategori "Hatinya PKK", Kabupaten Pesisir Barat meraih penghargaan dikategori "Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Dengan Inovasi Baru Menciptakan Teh Daun Kelor". Dan besok Kabupaten Tanggamus akan menerima penghargaan sebagai juara pertama Nasional untuk kategori "Pola Asuh Anak".

Dalam sambutannya, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, bahwa pameran merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan berbagai program peningkatan pendapatan perekonomian keluarga. 

"Dalam pameran saat inilah dapat kita lihat adanya harmoni antara dua unsur manajemen yakni manajemen pembangunan dengan manajemen pemerintahan, karena pada dasarnya pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat merupakan komponen utama dalam manajemen pembangunan nasional, sekaligus merupakan kunci terhadap manajemen pemerintahan. Oleh karena itu menjadi tepat sekali bilamana pameran ini mencerminkan adanya koordinasi diantara keduanya", jelasnya.

Saat hadir dan mendampingi penerimaan penghargaan, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal Djunaidi sangat bersyukur karena Lampung mendapat penghargaan di bidang PKK. "Saya berharap semangat untuk meraih prestasi seperti ini harus dijaga bersama, karena kerja PKK merupakan kerja pengabdian. Dan dengan konsistensi yang ada, saya yakin dan percaya kita bisa terus meningkatkan pencapaian prestasi yang hari ini kita dapatkan," jelas Riana.

Sebagai langkah awal penataan organisasi PKK untuk lebih baik lagi, Riana menuturkan bahwa dirinya akan mengedepankan monitoring dan evaluasi terhadap segala kegiatan yang ada di Organisasi PKK di Provinsi Lampung, serta di setiap Pokja harus mempunyai program unggulan. Sehingga tercipta tujuan utama dari PKK yakni meningkatkan nilai kesejahterakan keluarga dan masyarakat pada umumnya. 

"Kalau rakyat Lampung sejahtera, perempuan-perempuannya berdaya dan mandiri, maka dampaknya kekerasan terhadap ibu dan anak ikut berkurang. Perceraian usia muda juga akan berkurang karena perempuan-perempuannya mandiri dan percaya diri", pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga, Riana Sari Arinal Djunaidi melakukan kunjungan ke Stand Pameran Perwakilan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung. Dalam kunjungannya, Riana Sari menekankan untuk lebih percaya diri mengenalkan hasil kerajinan tangan yang berasal dari Lampung, "Tapis sekarang sudah mendunia, sudah banyak orang tau sampai desainer terkenal nasional pun sudah banyak pakai tapis sebagai bahan rancangannya. Untuk itu kita harus lebih percaya diri dalam memperkenalkan hasil kerajinan tangan kita," jelasnya.

Dalam memaksimalkan hasil kerajinan Lampung, Riana menuturkan bahwa pihaknya akan mencoba melalui jalur-jalur yang ada dalam memaksimalkan hasil kerajinan Lampung agar dapat dikenal semakin luas lagi di kancah nasional. "sebagai terobosan, ke depan saya akan bicara dengan Pak Gubernur untuk mencari cara bagaimana kerajinan kita ini bisa dipakai secara formal oleh para istri pejabat di level nasional, semoga ini jadi sebuah kampanye yang membawa peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Lampung," pungkasnya.

Untuk itu, Riana berpesan agar terus menjaga ciri khas kedaerahan masing-masing. "setiap daerah sudah memiliki ciri khasnya masing-masing, berkreasi boleh tapi ciri khas jangan ditinggalkan atau diganti-ganti," tuturnya. (Humas Pemprov)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Provinsi Lampung Meraih Tiga Penghargaan Tingkat Nasional di Bidang PKK

Trending Now

Iklan

iklan