Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim Lakukan Sidak ke Dispora Provinsi

Iklan

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim Lakukan Sidak ke Dispora Provinsi

Redaksi
Senin, Agustus 26, 2019 | 16:35 WIB 0 Views Last Updated 2019-08-26T09:35:43Z

Suaralampung.Com.
BANDARLAMPUNG — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, di Telukbetung Utara, Bandarlampung pada Senin (26/8/2019).

Wagub meminta Dispora lebih memberikan perhatian lebih untuk sekolah sepak bola (SSB). Sebab, SSB merupakan cikal bakal dari para pemain berbakat yang diharapkan menjadi andalan tim nasional Indonesia.

Nunik menilai pada umumnya usia muda mudah menerima sesuatu yang baru dan dapat berpengaruh terhadap perkembangan, baik secara fisik maupun psikis. Apalagi di era globalisasi, pemuda adalah golongan yang paling kuat terkena dampak dari era tersebut, apakah berdampak positif maupun negatif.

"Misalnya untuk menghindari dampak negatif dari era tersebut, seperti penyalahgunaan Narkoba. Dibutuhkan kegiatan positif yang dapat memberikan pengaruh baik seperti kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga melibatkan aktivitas fisik, di samping menyehatkan raga juga dapat menstimulus anak - anak muda untuk menciptakan prestasi-prestasi gemilang."

Nunik juga meminta Dispora harus lebih memperhatikan kelembagaan SSB, Kesejahteraan Pelatih SSB, dan lebih memperbanyak lagi liga pelajar hingga ketingkat desa yang umumnya belum memiliki tempat -  tempat rekreasi seperti di kota.

"Mengajak Pemuda untuk menekuni sebuah cabang Olahraga merupakan kegiatan positif yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka negatif penyalahgunaan narkoba. Sehingga anak - anak bisa punya kesibukan yang positif. Semakin banyak liga SSB yang masuk ke kampung kampung, kita punya ruang yg lebih luas untuk mencari talent berbakat dari setiap daerah," ujarnya.

Sementara Kadispora Provinsi Lampung, Budi Darmawan menyampaikan Dispora akan terus berupaya untuk mengembangkan pemuda yang mandiri dan kreatif serta banyak kegiatan lainnya. Dispora berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan dapat memajukan olahraga di Lampung. (Humas Pemprov)

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim diagendakan akan menghadiri Peringatan Hari Pramuka ke-58

Suaralampung.Com.
BANDARLAMPUNG --- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim diagendakan akan menghadiri Peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kwartir Cabang Lampung Barat, yakni di Stadion Bumi Skala Bekhak, pada tanggal 29 Agustus 2019. Hal tersebut terungkap saat Wakil Gubernur Nunik menerima audiensi Kwartir Daerah Pramuka Lampung, Senin (26/8/2019) di ruang kerjanya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Nunik juga mengajak anggota pramuka untuk berkolaborasi bersama pemerintah untuk mengedukasi dan menggalakkan gerakan sapu bersih jerat diseluruh kawasan hutan di Provinsi Lampung. Menurutnya, jerat menjadi ancaman bagi kelestarian satwa di Indonesia.

"Kontribusi nyata yang dapat kita lakukan adalah berpartisipasi aktif menghentikan perdagangan satwa liar yang dilindungi. Saya berharap pramuka ikut berkolaborasi bersama pemerintah menggalakan gerakan melawan jerat, karena jerat ini mengancam keberadaan satwa liar kita," ungkapnya.

Jerat menjadi ancaman serius bagi populasi satwa seperti harimau, badak, gajah, dan satwa lainnya. Perangkap ini menjadi berbahaya karena tidak memiliki target spesifik, dan satwa apa pun yang bukan sasaran bisa menjadi korbannya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Lampung kak Idrus Effendi menginformasikan adapun rangkaian Hari Pramuka Daerah Lampung ke-58 meliputi Kemah Bersama oleh Pramuka Kwarcab Lampung Barat, Kirab Panji Gerakan Pramuka dari Bandarlampung menuju Liwa, Ulang Janji dan Renungan Suci, dan puncaknya Apel Besar Hari Pramuka, 29 Agustus 2019.

Peringatan Hari Pramuka yang bertema "Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI", juga dilaksanakan kegiatan Donor Darah, Ziarah/Tabur Bunga, Atraksi Gamolan, Penanaman Pohon, City Tour, Penyerahan Sertifikat Akreditasi. (Humas Pemprov)

Pemprov Lampung Akan Bersinergi Dengan Organisasi POPTI

Suaralampung.Com.
BANDARLAMPUNG --- Pemerintah Provinsi akan bersinergi dengan perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Lampung untuk mencegah serta mengendalikan peningkatan Thalassemia.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) saat menerima audiensi POPTI Lampung, Senin (26/8/2019) diruang kerjanya. 

Menurut Nunik, Thalassemia perlu disosialisasikan agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui mengenai penyakit tersebut beserta faktor resiko, gejala dan dampak yang diakibatkan.

"Untuk itu kita mengajak, POPTI berperan aktif memberikan edukasi serta mensosialisasikannya. Khususnya bagi pasangan yang hendak menikah, kita sosialisasikan agar melakukan screening terlebih dahulu, hal tersebut guna mencegah keturunan dengan Thalassemia, ujarnya.

Lebih lanjut, Wagub juga mendorong peran aktif POPTI dalam mensosialisasikan kegiatan donor darah kepada masyarakat, karena seperti kita ketahui jika thalassemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada dalam sel darah merah tidak berfungsi normal. Hal ini membuat penderita harus melakukan transfuse darah secara rutin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Reihana mengatakan, jika pengobatan pasien penderita thalassemia hanya dapat dilakukan di RSUDAM. Hingga saat ini tercatat sebanyak 165 orang penderita thalassemia menjalani rawat jalan secara rutin di RSUDAM. (Humas Pemprov)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim Lakukan Sidak ke Dispora Provinsi

Trending Now

Iklan

iklan