Gubernur Lampung dan Bupati Pesawaran Tinjau Lumbung Cabai di Desa Trimulyo

Iklan

Gubernur Lampung dan Bupati Pesawaran Tinjau Lumbung Cabai di Desa Trimulyo

Rabu, Februari 19, 2020 | 10:46 WIB 0 Views Last Updated 2020-03-20T06:55:22Z
Gubernur Lampung dan Bupati Pesawaran Tinjau Lumbung Padi di Desa Trimulyo 

Suaralampung.Com.
Pesawaran - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Mendampingi Gubenur Lampung Arinal Djunaidi Untuk turun langsung  melihat panen cabai merah di atas lahan seluas 246 hektare di lumbung cabai di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng. Rabu (19/2/2020)

Dalam laporannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengungkapkan lahan pertanian cabai di wilayahnya terluas di Provinsi Lampung.“Selain Desa Trimulyo, kita juga memiliki lahan pertanian cabai di Wayratai seluas 200 hektare,”.


Pesawaran menyimpan sejumlah potensi yang patut dibanggakan. Selain segudang destinasi wisata, kabupaten berjuluk Andan Jejama ini juga menjadi lumbung cabai di Provinsi Lampung.
Dari tujuh kecamatan, Tegineneng memiliki lahan pertanian cabai terluas di Pesawaran. Totalnya mencapai 460 hektare (Ha) dan Potensi ini selaras dengan program unggulan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yaitu Kartu Petani Berjaya (KPB) Jelas Dendi Ramadhona.
Gubernur Lampung dan Bupati Pesawaran Tinjau Lumbung Padi di Desa Trimulyo 


Terpisah Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan dialog dengan sejumlah petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Gemah Ripah.
“Saya turun langsung karena saya ingin lebih dekat dengan masyarakat petani. Tadi juga saya sudah melihat hasil cabai para petani dan hasilnya bagus," jelasnya.


“Kita akan melakukan pengkajian lebih dalam terkait upaya pengendalian hama ini. Kita juga akan melaporkan dengan Kementerian Pertanian," ujarnya..

Sedangkan untuk masalah kekurangan air, Arinal menawarkan dua solusi alternatif. Pertama, menggunakan pompa air tenaga surya dari Bukit Asam.

Add cGubernur Lampung dan Bupati Pesawaran Tinjau Lumbung Padi di Desa Trimulyo aption

“Alternatif kedua, dengan meminjamkan alat untuk membuat sumur bor. Sehingga, nanti tiap sumur yang dibuat minimal mampu memenuhi kebutuhan air untuk areal pertanian sekitar 3-4 hektare,” Arinal berjanji akan melakukan pengkajian terkait upaya pengendalian hama ini.


Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama menambahkan produksi cabai merah dalam satu kali musim mencapai 10 ton per haktare.

“Karena Pesawaran terluas lahan cabainya, secara otomatis kita sebagai pengendali,”. (ADV)

Liputan Advetorial Kabupaten Pesawaran 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Lampung dan Bupati Pesawaran Tinjau Lumbung Cabai di Desa Trimulyo

Trending Now

Iklan

iklan