Wakapolres Tanggamus Sosialisasi Penerimaan Polri di Radio Pelangi

Iklan

Wakapolres Tanggamus Sosialisasi Penerimaan Polri di Radio Pelangi

Redaksi
Rabu, Februari 12, 2020 | 21:55 WIB 0 Views Last Updated 2020-02-12T14:55:47Z

Tanggamus Suaralampung.com.  Dalam rangka menjaring minat para calon anggota Polri TA 2020, Wakapolres Tanggamus Kompol MN. Yuliansyah, SH. MH melaksanakan sosialisasi penerimaan Polri TA 2020 kepada masyarakat melalui radio, Rabu (12/2/20).

Kegiatan dilakukan sebagai upaya menjaring animo masyarakat itu dilakukan di Radio Pelangi 102.1 FM yang berada Sinar Banten, Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Sosialisasi diawali sambutan hangat Kompol MN. Yuliansyah mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM yang juga dipandu penyiar handal Radio setempat 

"terima kasih kepada pengurus Radio Pelangi yang telah memfasilitasi sosialisasi dan rencana pembinaan kepada para calon anggota Polri TA 2020, juga menyampaikan pesan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Tanggamus," ucapnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi Penerimaan Polri TA 2020 secara terpadu meliputi Akpol, SIPSS, Bintara dan Tamtama Polri.

Kesempatan itu Wakapolres menjelaskan sistem penerimaan polri tahun 2020 mengunakan azas Betah yaitu : Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, dimana sejak dari pendaftaran, tahapan tes, hingga pelaksanaan pendidikan, seluruhnya gratis tanpa dipungut biaya suatu apapun.

Selain menjelaskan beberapa persyaratan umum dan tahapan tes/seleksi, juga disampaikan salah satu program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.SI tentang mewujudkan SDM yang unggul.

"SDM unggul diantaranya, penataan rekrutmen yang proaktif dan menjaring talenta, serta mewujudkan proses seleksi yang Betah berbasis IT dan dapat di akses oleh publik," jelasnya.

Sambungnya, beberapa kategori rekrutmen proaktif calon anggota Polri khusus Bintara Polri meliputi 3 kreteria yaitu, pertama; tindakan penguatan (Affirmative Action) dengan menjaring calon anggota Polri yg berasal dari wilayah terluar didaerah perbatasan Indonesia dengan negara lain atau wilayah pedalaman pulau terpencil dan berpenghuni, untuk didaerah Kabupaten Tanggamus ada dan terletak di pulau Tabuan yang dihuni 4 desa dan berada ditengah laut yg berbatasan dengan samudera hindia. 

Kedua; kategori penghargaan yaitu, anak kandung anggota Polri atau anak kandung anggota masyarakat/masyarakat yang gugur dalam membantu pelaksanaan tugas kepolisian yang dibuktikan dengan surat keterangan Kapolda yg menjabat saat kejadian.

Lalu, berperan aktif dalam penyelenggaraan pembinaan Kamtibmas serta penanganan permasalahan menonjol yg menjadi atensi masyarakat dan pemerintah. Serta membantu pelaksanaan tugas Kepolisian dibidang operasional dan pembinaan yg memberikan dampak positif terhadap organisasi Polri.

Ketiga, kategori pencarian bakat (Talent Scouting) yang meliputi Aspek Akademik dimana untuk yang masih kelas XII pernah Juara 1 sd 3 olimpiade sains TK Kabupaten, Juara 1 sd 5 olimpiade sains TK Propinsi dan juara 1 sd 10 olimpiade sains TK Nasional.

Sedangkan utk calon yg sudah lulus SMA/MA memiliki nilai UN peringkat 1 sd 10 terbaik pada tingkat Kabupaten/kota dibuktikan dengan surat keterangan dari dinas Propinsi Lampung.

Lantas, non akademik yakni Juara 1 sd 3 bidang olah raga individu/bukan beregu tingkat Propinsi, nasional atau internasional, Juara 1 sd 3 (Musabaqoh Wiratul Qutub) tingkat provinsi, nasional maupun internasional, Paskibraka tingkat nasional dan Hafids Quran minimal 10 juzz dan mampu menafsirkan hafallannya.

Terakhir Wakapolres menerangkan tentang syarat pokok, meliputi, tidak bertato, tidak berkacamata, tidak bertindik atau bekas tindik untuk laki, tidak sedang dalam proses perkara pidana dan harus bisa berenang.

Dalam kegiatan itu Wakapolres didampingi Kanit Reserse Umum Ipda Iman Sobri, SH. Kanit Regident Ipda Rudi Khisbiantoro, S.Pd. SH dan staf Bripda Ilham Bimantoro. (Saripudin/kurdianto/Apriadi)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakapolres Tanggamus Sosialisasi Penerimaan Polri di Radio Pelangi

Trending Now

Iklan

iklan