Puluhan Jurnalis Lampung Ikuti Pelatihan Keterbukaan Informasi Tentang Program Bicara 131

Puluhan Jurnalis Lampung Ikuti Pelatihan Keterbukaan Informasi Tentang Program Bicara 131

Suaralampung.com, Bandarlampung-

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menggelar Pelatihan Wartawan Daerah Regional Lampung yang diikuti sebanyak 23 jurnalis dari Provinsi Lampung. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan, yang digelar selama tiga hari sejak 5-7 Maret 2020 di Jakarta.

Kegiatan pelatihan tersebut diawali dengan kunjungan puluhan jurnalis ke Bank Sentral Republik Indonesia untuk mengetahui tentang keterbukaan informasi di BI. Setelah di kantor Bank Indonesia pusat, para peserta pelatihan mendapatkan penjelasan tentang program BICARA 131 (BI CAll and InteRAction), serta content creator yang menyesuaikan dengan perkembangan industri teknologi.

Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdinand menjelaskan, sejak tahun 2013 lalu Bank Indonesia mulai membuka ruang informasi kepada publik. "Jika sebelumnya terkesan tertutup, kini Bank Indonesia sudah membuka kran informasi yang luas kepada masyarakat," jelasnya.

Program BICARA 131 merupakan salah satu upaya Bank Indonesia sebagai bank sentral untuk mewujudkan transparansi bagi masyarakat, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik. "Kita harapkan peserta mendapatkan informasi utuh terkait dengan Bank Indonesia. Jadi teman-teman jurnalis bisa lebih mengetahui tugas dan fungsi Bank Indonesia," kata dia.

Ia juga menambahkan, BI membentuk tim Bicara 131 yang merupakan lembaga penyedia berbagai informasi tentang BI. Selanjutnya, tim tersebut diselenggarakan oleh departemen Komunikasi BI dengan tujuan untuk menciptakan keterbukaan informasi di BI.

"Visinya adalah agar meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap BI. Secara online bisa lewat telpon, media sosial, email, serta secara offline dengan laporan langsung dan melalui kegiatan BI di luar," kata dia. Tim ini memiliki dua fungsi yakni sebagai kontak centre dan konten kreator. Sebagai kontak centre Bicara 131 bisa dilakukan secara on air dan off air. 

Hal itu disampaikan dalam kunjungan BI Perwakilan Lampung ke Kantor Pusat BI bersama sejumlah jurnalis. Kunjungan tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas wartawan dalam wawasan BI. Hal itu disampaikan oleh Kepala BI Perwakilan Lampung Budhiarto Setiawan. (Tik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puluhan Jurnalis Lampung Ikuti Pelatihan Keterbukaan Informasi Tentang Program Bicara 131"

Posting Komentar