Bupati Kukuhkan Forum GenRe Kabupaten Tanggamus

Iklan

Bupati Kukuhkan Forum GenRe Kabupaten Tanggamus

Redaksi
Jumat, Juli 10, 2020 | 04:42 WIB 0 Views Last Updated 2020-07-09T21:48:22Z

Kota Agung -- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengkuhkan Pengurus Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Tanggamus Periode 2020-2023, di Taman Wisata Muara Indah, Kota Agung, Kamis (9/7/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA, Dalduk KB) Edison, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga Provinsi Lampung Hermina, Ketua Forum Genre Lampung Rizki Legowo, Kepala BNNK Tanggamus Kolbidi, Staf Ahli Bupati Firman Rani, Kadis Kominfo Sabaruddin, serta Camat dan Uspika Kecamatan Kota Agung.

Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan GenRe merupakan suatu wadah yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, untuk penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus reproduksi.

"Para anggota GenRe diharapkan dapat membantu pemerintah didalam upaya pembentukan karakter bangsa dikalangan anak muda. Bagi kami Pemkab Tanggamus, GenRe diharapkan menjadi wadah untuk mengembangkan karakter generasi muda diwilayah Tanggamus menjadi karakter yang berkualitas," kata Bupati.

Bupati menambahkan, melalui programnya GenRe akan mengajarkan dan membawa remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, narkotika, psikotropika, dan zat-zat adiktif, guna menjadi remaja yang tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

"Negara kita tengah menghadapi situasi darurat akhlak dan narkoba yang mengancam kelangsungan hidup generasi penerus bangsa, karena telah menimbulkan kerusakan bagi para pemakainya, narkoba telah menjadi musuh bersama yang wajib kita berantas," imbuhnya.

Bupati juga berharap para orang tua memperhatikan dan peduli terhadap pergaulan anak anak, guna menghindari dari perbuatan serta tindakan yang negatif dan mengarah ke perbuatan tercela. Peran dari orang tua sangat diharapkan dalam upaya mewujudkan serta menciptakan generasi yang unggul dan kompeten menuju Indonesia emas 2045.

"Dengan adanya Duta GenRe ini, maka saya optimis generasi muda Tanggamus akan menjadi generasi yang kreatif dan inovatif serta generasi yang siap menyongsong masa depan. Sebagai duta GenRe semoga kalian bisa berkreasi ditengah masyarakat, dan membawa keberkahan untuk generasi Tanggamus nantinya," ujar Bupati.

Sementara Kabid Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Hermina mengatakan dalam sambutannya, Program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) merupakan salah satu upaya untuk membantu remaja agar memiliki pengetahuan, kesadaran sikap dan prilakukehidupan yang sehat dan bertanggung jawab. 

"Kami sangat mengapresiasi keberadaan Forum Genre Tanggamus ini, dan di kesempatan ini kami ingin menyampaikan penghargaan serta terima kasih sebesar-besarnya kepada para Pembina dan keluarga besar Forum Genre Tanggamus yang telah merespon positif Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) khususnya Program PKBR melalui pengembangan PIK Remaja di Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini," Ujar Hermina.

Kepala Dinas PPPA Dalduk KB, Edison, menerangkan bahwa GenRe merupakan suatu wadah generasi muda yang tergabung dalam beberapa sekolah di Kabupaten Tanggamus. Untuk mengantisipasi permasalahan remaja yang timbul berkaitan dengan seksualitas, AIDS, penyalahgunaan NAPZA dan lain sebagainya.

"Dalam kondisi ini tentu membutuhkan penanganan serta informasi. Menyadari ini, BKKBN sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program penyiapan kehidupan bagi remaja (PKBR). Suatu program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktekkan prilaku hidup sehat, dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi berencana," terangnya.

Edison melanjutkan, sasaran GenRe ialah remaja usia (10-24 tahun) dan belum menikah, mahasiswa, atau mahasiswi yang belum menikah, keluarga yang memiliki remaja serta masyarakat yang peduli terhadap remaja. 

"Program PKBR, yang biasa kita sebut GenRe, merupakan program sebagai salah satu upaya untuk membantu remaja agar memiliki pengetahuan, kesadaran, sifat, dan perilaku kehidupan yang sehat dan bertanggung jawab serta pengetahuan yang luas sebagai remaja. Dengan pandangan jauh kedepan dan penuh perencanaan matang dalam menapaki masa depan. Untuk mencapai tujuan diatas maka program GenRe dikembangkan dalam sejumlah materi yakni, Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skil, penyiapan kehidupan berkeluarga serta kependudukan dan pengembangan keluarga," pungkasnya. (Kurdianto/Saripudin/Apriadi/Az)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Kukuhkan Forum GenRe Kabupaten Tanggamus

Trending Now

Iklan

iklan