Hari Sampah Nasional, Pertamina Dukung Masyarakat Panjang Melalui Program CSR “Bengkel Ecobrick”

Iklan

Hari Sampah Nasional, Pertamina Dukung Masyarakat Panjang Melalui Program CSR “Bengkel Ecobrick”

Redaksi
Jumat, Februari 26, 2021 | 22:26 WIB 0 Views Last Updated 2021-02-26T15:34:09Z

Suaralampung.com, Bandarlampung-

Dalam rangka hari Peduli Sampah Nasional, PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Terminal (IT) Panjang mendukung kegiatan masyarakat Kelurahan Panjang Utara melalui program Corporate Social Responsibili (CSR) "Bengkel Ecobrick" dengan memanfaatkan sampah plastik yang ada di sekitar lingkungan Kampung Baru dan Pesisir Pantai.

Bengkel Ecobrick ini adalah satu dari tiga kegiatan program Kampung Hijau Kabarti yang terdiri dari Posyandu Membawa Berkah dan Rain Water Harvesting. Kampung Hijau Kabarti ini merupakan Desa binaan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II sejak tahun 2020 dan telah menerima dana pengembangan sebesar Rp250 juta.  

Ecobrick sendiri merupakan teknik mengolah sampah plastik menjadi sebuah benda yang bermanfaat. Kegiatan Bengkel Ecobrick ini dapat membantu mengurangi menumpuknya sampah plastik yang ada di Kelurahan Panjang Utara. Program Bengkel Ecobrick ini telah berjalan sejak Tahun 2019 dengan satu kelompok binaan dan penerima manfaat sebanyak 50 Kepala Keluarga.  

Program ini dianggap efektif karena dapat mengurangi jumlah sampah yang ada dan memanfaatkan sampah tersebut. Kelompok Bengkel Ecobrick melakukan produksi pertama pada tahun 2019 sebanyak 400 botol Ecobrick. Saat ini Bengkel Ecobrick telah memproduksi 1080 Botol Ecobrick dan melakukan inovasi dengan menjadikan botol ecobrick sebagai bahan baku utama pembuatan furniture. Bengkel Ecobrick sendiri telah memproduksi 15 kursi dan 5 meja.

Penjualan dan pemasaran Ecobrick dilakukan melalui media sosial instagram dan e-commerce shopee @ecobrick_kabarti dengan total omzet yang didapatkan berkisar Rp3,6 juta per tahun. Ketua Bengkel Ecobrick, Nur Rachman menyampaikan bahwa ecobrick merupakan salah satu cara mudah untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik.

"Pada prinsipnya Ecobrick adalah teknik pengolahan sampah plastik dengan botol plastik yang diisi sampah dan dipadatkan menjadi bahan baku yang ramah lingkungan," ujar Nur. Lurah Panjang Utara, Supriyadi mengatakan adanya program Bengkel Ecobrick  sangat membatu permasalahan sampah plastik yang ada di lingkungan Kelurahan Panjang Utara, selain itu masyarakat dapat memperbaiki lingkungan serta menambah pendapatan dari penjualan Ecobrick. 

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan program ini merupakan sinergi antara Pertamina dan Masyarakat Kelurahan Panjang Utara dalam menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik. "Dengan adanya program Bengkel Ecobrick diharapkan masyarakat dan Pertamina dapat bersinergi dalam mengolah sampah plastik menjadi produk yg memiliki nilai guna dan nilai jual," tutup Umar. (Tik/Rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Sampah Nasional, Pertamina Dukung Masyarakat Panjang Melalui Program CSR “Bengkel Ecobrick”

Trending Now

Iklan

iklan