Dimulai Dari Diri Sendiri, Sujadi Harapkan Satpol PP Jadi Garda Terdepan Penegakan Perda

Iklan

Dimulai Dari Diri Sendiri, Sujadi Harapkan Satpol PP Jadi Garda Terdepan Penegakan Perda

Redaksi
Jumat, Maret 05, 2021 | 11:31 WIB 0 Views Last Updated 2021-03-05T04:31:22Z

Suaralampung.com- Pringsewu; Bupati Pringsewu Sujadi mengharapkan Satuan Polisi Pamong Praja menjadi garda terdepan dalam penegakan peraturan daerah, dimulai dari dirinya sendiri sekaligus menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan saat ditanya Tim Liputan DokPim Pemkab Pringsewu terkait harapannya di Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-71 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-59, seusai upacara peringatan HUT kedua satuan tersebut, di lapangan Pemkab Pringsewu, Jumat (5/3/21).

Menurut Bupati Pringsewu, kunci keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, khususnya dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat, adalah koordinasi yang baik antara Satpol PP dan Satlinmas dengan elemen lainnya, seperti kepolisian dan TNI serta masyarakat, dimana hal tersebut juga sesuai dengan tagline Pringsewu Bersenyum Manis (Bersih, Sehat, Ekonomis, Nyaman, Unggul, Maju dan Mandiri serta Aman dan Agamis) juga visi Pringsewu Bersahaja (Berdaya saing Harmonis dan Sejahtera). "Tingkatkan terus kemampuan, kapasitas dan kualitas. Kemudian harus fit dan hindari dari yang namanya narkoba dan kawan-kawan sejenis nya", tandasnya.

Sementara itu, saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas yang dihadiri sekretaris daerah beserta para pejabat daerah, DPRD, forkopimda dan camat se Kabupaten Pringsewu, serta diikuti anggota Satpol PP dan Satlinmas, Kepolisian dan TNI, BPBD, Dishub, Tagana serta elemen lainnya, Sujadi juga menyampaikan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang memberikan apresiasi atas kinerja Satpol PP dan Satlinmas yang dinilai baik sehingga saat ini situasi dinilai kondusif.

Mendagri berpesan seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas senantiasa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme melalui pembenahan dalam berbagai aspek, sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat dilakukan secara lebih profesional, kompeten, dan berdedikasi tinggi serta lebih mengedepankan sikap dan tindakan yang bersifat edukatif, persuasif, dan sesuai dengan budaya masyarakat setempat.

Mendagri melalui Bupati Pringsewu juga mengajak seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk semakin meningkatkan semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia maju dan sehat, sebagaimana tema HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini, yakni 'Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Mendukung Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Untuk Indonesia Maju dan Sehat'.

Selain itu, ia juga menekankan 5 hal kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas. "Pertama, meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian, serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19. Kedua, meningkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat sebagai urusan pemerintahan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar. Kemudian Ketiga, memperkuat koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu, dan saling menghormati", katanya.

Selanjutnya, yang Keempat adalah memperkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis, dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja. "Serta yang terakhir atau Kelima yaitu meningkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerja sama dengan unsur Polri dan TNI dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19", ucapnya. (bam's)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dimulai Dari Diri Sendiri, Sujadi Harapkan Satpol PP Jadi Garda Terdepan Penegakan Perda

Trending Now

Iklan

iklan