Pemkab Tanggamus Gelar Musrenbang Kabupaten Tahun 2021

Iklan

Pemkab Tanggamus Gelar Musrenbang Kabupaten Tahun 2021

Redaksi
Kamis, Maret 25, 2021 | 20:45 WIB 0 Views Last Updated 2021-03-25T13:45:18Z

Tanggamus Suaralampung.com. Kotaagung Timur -- Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021, secara virtual meeting, di Ruang Rapat Utama, Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Kamis (25/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Forkopimda, Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Inspektur Ernalia, serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Tanggamus.

Musrenbang juga diikuti secara virtual oleh para Kepala Bagian, Camat, Unsur Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, swasta, Ormas/LSM serta insan Pers.

Dalam laporan kegiatan, yang disampaikan Kepala Bappelitbang Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, dikatakan bahwa Musrenbang Kabupaten Tanggamus
Tahun 2021 dilaksanakan dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2022 yang telah dimulai sejak bulan Januari 2021, dengan tahapan sebagai berikut: 
1. Musrenbang Pekon/Kelurahan dilaksanakan pada tanggal 13-25 Januari 2021 di 299 Pekon dan 3 kelurahan Kabupaten Tanggamus.
2. Musrembang Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 2-19 Februari 2021 di 20 Kecamatan se Kabupaten Tanggamus yang dilaksanakan secara virtual. 
3. Konsultasi publik dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2021 di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus yang dilaksanakan secara virtual.
4. Forum Gabungan Perangkat Daerah, yang dilaksanakan pada tanggal 2-4 Maret 2021 di Ruang Rapat Bapelitbang Kabupaten Tanggamus dan dilaksanakan secara virtual.

Lanjut Hendra, dari semua tahapan itu dirumuskan dan diformulasikan isu-isu dan permasalahan pokok pembangunan yang berkembang dalam dokumen rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah RKPD Tahun 2022, serta merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran Kabupaten Tanggamus Tahun 2002 yang bersinergi dengan kebijakan umum anggaran dan prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan nasional.

"Adapun sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus tahun 2021 ini, yaitu; tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan berbagai aspirasi masyarakat," jelas Hendra.

Sementara Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, menegaskan bahwa RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode 1 (satu) tahun, sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Strategis Perangkat Daerah, yang merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top down) dan bawah-atas (bottom up).

"Oleh karena itu, rancangan RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum Musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan Provinsi Lampung, melalui Agenda Kerja Utama Rakyat Lampung Berjaya serta sasaran pembangunan nasional yang dicanangkan melalui 5 arahan Presiden dan 7 Agenda Pembangunan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024," kata Bupati.

Menurut Bupati, forum Musrenbang ini mempunyai nilai strategis karena dengan melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan membahas rancangan awal RKPD Tahun 2022 akan dapat mempertajam capaian sasaran prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional yang dipengaruhi pandemi Covid-19, seperti penurunan Partisipasi Angkatan Kerja sebesar 13% dan Pertumbuhan Ekonomi yang mengalami kontraksi -1,77%, sehingga tema pembangunan tahun 2022 yang diangkat yaitu Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Daerah.

"Dengan pelaksanaan pembangunan pada tahun 2022, Kabupaten Tanggamus telah 
menginventarisir beberapa isu strategis pembangunan tahun 2022 diantaranya yaitu : Isu Strategis Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional, Isu Strategis Penyelarasan Program pengembangan Kawasan Strategis Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus, Isu Strategis Pengembangan Koridor Ekonomi 
Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Tanggamus (MP3ET), Isu Strategis Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Isu Strategis Pembangunan Kualitas Hidup manusia, serta Isu Strategis Penanganan Bencana Alam," terang Bupati.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, mengatakan bahwa Forum Musrenbang ini penting, selain untuk menyelaraskan program antar sektor, merumuskan prioritas program dan kegiatan, juga mengingatkan kembali peran dan tugas kita bersama, untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang lebih efektif bagi masyarakat, dan mampu menjawab tantangan lingkungan yang dinamis.

"Tujuan dan sasaran pembangunan antara Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat harus sejalan. Agregasi capaian pembangunan kabupaten dan kota, akan menentukan capaian pembangunan provinsi. Begitu juga capaian pembangunan nasional, merupakan akumulasi kinerja pembangunan seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Karena itu, koordinasi dan sinergi antar-jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan." 

"Juga tidak kalah penting, kolaborasi pemerintah daerah dengan seluruh pemangku kepentingan pembangunan, komunitas masyarakat, pelaku bisnis, akademisi, pers, dan unsur masyarakat lainnya, harus terus kita kembangkan bersama," jelasnya.

Fahrizal berharap, Penyusunan RKPD Kabupaten Tanggamus 2022 bisa relevan menjawab permasalahan dan isu yang berkembang, dan dengan mengacu RPJMD dan RTRW yang ada. 

"Sebagai wujud dukungan dan apresiasi terhadap pembangunan Kabupaten Tanggamus, Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh forum Musrenbang RKPD tahun 2022 ini. Untuk dapat memetakan strategi dan langkah prioritas yang tepat, yang diharapkan akan memberikan daya ungkit yang kuat, sehingga Kabupaten Tanggamus mampu menjadi penopang sekaligus pendorong laju pembangunan di Provinsi Lampung," pungkas Fahrizal.

Dalam kegiatan itu, diserahkan juga Piala dan Piagam Penghargaan Tanggamus Award kepada para Pelaku Usaha yang aktif mendukung pembangunan, perangkat daerah yang memiliki prestasi terbaik, serta Lomba Film/Video Inovasi Pembangunan Daerah oleh perangkat daerah dan kecamatan.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, dengan didampingi Bupati dan Forkopimda Tanggamus, membuka secara resmi Kegiatan Musrenbang Kabupaten Tanggamus Tahun 2021, yang ditandai dengan Pemukulan Gong. (Saripudin/kurdi/yadi/Azh)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Tanggamus Gelar Musrenbang Kabupaten Tahun 2021

Trending Now

Iklan

iklan