Lampung Utara Raih Penghargaan Pratama Kabupaten Layak Anak

Iklan

Lampung Utara Raih Penghargaan Pratama Kabupaten Layak Anak

Redaksi
Kamis, Juli 29, 2021 | 20:54 WIB 0 Views Last Updated 2021-07-29T13:54:12Z


KOTABUMI - Kabupaten Lampung Utara (Lampura) meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Peringkat Pratama. Prestasi ini diraih pada acara Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 yang digelar secara Virtual Zoom dari Ruang Siger Setdakab Lampung Utara, Kamis (29/07/2021).

Hadir dalam acara Virtual Zoom, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Utara Drs. Hi. Lekok, M.M., Asisten I Mankodri, S.H, M.M., Kepala Dinas PPPA dr. Maya Manan, beserta jajaran Kepala Perangkat Daerah Pemkab Lampung Utara. 

Dalam sambutannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si., mengatakan bahwa pemenuhan hak anak merupakan amanah Konstitusi. Secara umum ada empat hak yang dimiliki anak. Yakni, Hak Hidup, Hak Tumbuh dan Berkembang, Hak Mendapatkan Perlindungan, dan Hak Partisipasi.

"Anak juga hidup dalam sebuah sistem yang tidak bisa dilepaskan dari upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Untuk itu dibentuklah Kabupaten/Kota Layak Anak. Ini merupakan sistem pembangunan berbasis Hak Anak yang terencana secara menyeluruh," jelasnya. 

Menurut Menteri PPPA, dalam undang-undang dipertegas bahwa urusan pemerintahan di bidang anak harus di dukung masyarakat dan media. Di samping itu dipertegas lagi dengan lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kabupaten/Kota Layak Anak. 

Meskipun sempat tertunda, sambungnya, Kementerian kembali menyelenggarakan evaluasi penghargaan KLA. Penghargaan akan diberikan kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi, dengan penilai dari tim layak anak, tim Kementerian Lembaga dan tim Independent. Penghargaanya yaitu, peringkat Pratama, Madya, Nindya, dan peringkat Utama.

"KLA mengalami peningkatan dari Tahun 2019. Pada hari ini kami memberikan apresiasi. Dengan capaian ini, kami ucapkan selamat kepada daerah yang menerima penghargaan. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah," tandasnya. (yudiirawan246@gmail.com)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lampung Utara Raih Penghargaan Pratama Kabupaten Layak Anak

Trending Now

Iklan

iklan