Seleksi CASN Pemkab Tanggamus Dimulai, Tidak Dipungut Biaya
Lapax Theme

Seleksi CASN Pemkab Tanggamus Dimulai, Tidak Dipungut Biaya

Pringsewu – Sabtu (18/9/2021), Seleksi Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dimulai. 

Pelaksanaan seleksi secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua Panitia Seleksi Daerah Kabupaten Tanggamus, yang juga Asisten Bidang Administrasi, Jonsen Vanissa, mewakili Ketua Panselda Kabupaten Tanggamus, Hamid Heriansyah Lubis, di SMA Yadika, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Anggota Panselnas CASN Suharto, Sekretaris Panselda Kabupaten Tanggamus yang juga Kepala BKPSDM Tanggamus, Aan Derajat, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Tanggamus.

Dalam pengarahannya kepada para peserta Seleksi CASN, Jonsen Vanissa mengatakan bahwa seleksi yang dilaksanakan tersebut tidak dipungut biaya dan bebas dari KKN.

"Jadi, kalau ada oknum yang menjanjikan bapak, ibu bisa dibantu, bisa diterima. Tolong catat namanya dan rekam wajahnya. Laporkan kepada pihak yang berwajib, dalam hal ini polisi," kata Jonsen Vanisa.

Jonsen menegaskan, tidak ada yang dapat menjanjikan penerimaan CASN yang dilakukan atau yang dapat main-main dalam penerimaan CASN. 

"Tidak ada yang seperti itu. Pada saat enter terakhir mengerjakan soal, bapak, ibu langsung dapat melihat nilai hasil tes. Jadi tidak satu orangpun yang bisa merubah nilai tersebut. Itulah transparansinya. Jadi tidak ada yang bisa main-main," terang Jonsen.

Lalu untuk mencegah adanya perjokian, Jonsen menerangkan bahwa panitia menerapkan sistem registrasi wajah. Dimana peserta diharuskan membuka masker dan dipindai dengan kamera yang terhubung dengan aplikasi registrasi. 

"Jika ada wajah peserta tidak sama dengan yang tertera dalam komputer, maka bapak ibu akan dimintai keterangan secara khusus. Jika terbukti (perjokian), ada pidananya," tegas Jonsen.

Lebih lanjut Jonsen mengungkapkan, Tes SKD yang dilakukan pada hari ini memiliki bobot nilai 40 persen, dan jika peserta lulus, maka akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dengan bobot nilai 60 persen.

"Kepada peserta, Saya berpesan agar mengerjakan soal dengan tenang dan sebaik-baiknya. Semoga memperoleh hasil yang terbaik dan lolos seleksi ini," ujar Jonsen.

Sementara Kepala BKPSDM Tanggamus Aan Derajat menambahkan, tes yang dilakukan pada hari ini dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara Jakarta, Nomor: 402/B-KS.04.01/SD/KR.V/2021 tanggal 1 September 2021, tentang Penyampaian Jadwal SKD CASN dan PPPK Non Guru di Wilayah Kerja Kantor Regional V BKN Jakarta.

Lanjut Aan, seleksi yang dilaksanakan pada hari ini merupakan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), yang terdiri dari tiga sesi, dan setiap sesi diikuti 125 peserta dan dibagi dalam empat ruangan. SKD akan berlangsung sampai 25 September mendatang. Dengan metode Computer Assisted Test (CAT), serta dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

"Setelah semua memenuhi syarat, sebelum masuk, peserta akan ditempatkan di ruang steril. Disini peserta dapat menyaksikan tata cara CAT yang ditayangkan melalui video. Setelah itu usai, baru masuk ruang tes," terang Aan.
Terpisah Anggota Panselnas, Suharto, menyatakan bahwa dari hasil penilaian Panselnas, pelaksanaan tes berjalan dengan baik. 

"Demikian juga sarana dan prasarananya, semua telah memadai dan memenuhi syarat," jelasnya. (Kurdi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seleksi CASN Pemkab Tanggamus Dimulai, Tidak Dipungut Biaya"

Posting Komentar