Gelar Press Release Akhir Tahun, Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Lampung Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2021

Iklan

Gelar Press Release Akhir Tahun, Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Lampung Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2021

Redaksi
Jumat, Desember 31, 2021 | 22:24 WIB 0 Views Last Updated 2022-01-01T07:24:36Z

Suaralampung.com, Bandarlampung — 

Refleksi akhir tahun, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Farid Junaedi gelar press release menyampaikan capaian kinerja Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung Tahun Anggaran 2021 pada hari ini, Jumat (31/12/2021) bertempat di Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung.

"Sehubungan dengan berakhirnya Tahun Anggaran 2021 dan evaluasi kinerja yang dilakukan sepanjang tahun 2021, dengan ini kami menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan penting dan apresiasi kami kepada beberapa pihak yang telah banyak membantu" ujar Farid.

Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Lampung juga menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2021 ini telah dilakukan penanganan overstaying Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan overload Barang Sitaan dan Barang Rampasan Negara pada Rupbasan. Kanwil Kemekumham Lampung tercatat telah menangani total 9.115 WBP yang terdiri dari 1.734 Tahanan dan 7.381 Narapidana dengan status overcapacity 70%, dimana Kapasitas Lapas dan Rutan yang dimiliki adalah 5.348. 

Untuk menangani hal tersebut, tercatat 2.656 Narapidana telah menerima Asimilasi dan 5.868 Narapidapna mendapatkan Integrasi sepanjang tahun 2021. Sedangkan untuk Rupbasan, tercatat 4.003 barang masuk dan sebanyak 1.128 barang telah dikeluarkan sepanjang tahun 2021. Selain itu, kegiatan Pelatihan Keterampilan, Program lapas Produktif, dan Sarana Edukasi di lingkungan Lapas dan Rutan juga memberikan hasil yang cukup bagus. 

Sepanjang tahun 2021, sebanyak 49 pelatihan telah diberikan kepada WBP, diantaranya adalah Tata Boga, Barbershop, Jahit, budi daya perikanan dan peternakan, sablon, meubler dan masih banyak lagi. Sedikitnya 1.024 orang dari target 1.014 WBP yang telah lulus dan menerima sertifikat pelatihan. Kegiatan Pelatihan bagi WBP telah menghasilkan berbagai produk dan keahlian. Keahlian dan produk tersebut terbukti telah diterima pasar hingga menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2021 sebesar Rp.102.117.375,-.

Kanwil Kemenkumham Lampung juga bekerjasama dengan BNN untuk memberikan layanan rehbilitasi kepada WBP, yang pada tahun 2021 ini tercatat sebanyak 440 Residen yang telah mendapatkan layanan rehabilitasi tersebut. Selain itu, sebanyak 28 Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) juga sudah bekerjasama dengan Bapas di Wilayah Lampung.

Kanwil Kemenkumham Lampung melalui Divisi Pemasyarakatan bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan, kemanan, dan ketertiban dibidang pemasyarakatan. Hal ini diwujudkan dengan terus meningkatkan sinergitas antar lembaga seperti koordinasi pengamanan dengan POLDA, KODAM, BNNP, BIN Daerah dan Perwakilan OMBUDSMAN. 

Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung juga terus berkoordinasi dengan Lapas dan Rutan untuk melakukan Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban dengan Program Salam Pemasyarakatan dan Klinik Pancasila, penempatan petugas yang memiliki integritas, sosialisasi terhadap pegunjung terkait tata tertib kunjungan, pengawasan terhadap narapidana yang melaksanakan asimilasi, larangan membawa handphone ke area steril.

Kemudian menyelenggarakan fungsi tim intelijen, melengkapi fasilitas cctv pada titik rawan, optimalisasi wartel khusus lapas, pemeriksaan bahan makanan, pengawasan terhadap kunjungan instansi luar, penggeledahan secara SOP, dan Sosialisasi dan internalisasi tentang bahaya narkoba. Selain itu, inspeksi mendadak dan tes urin bagi seluruh petugas dan narapidana/tahanan/anak serta pemindahan bandar narkoba ke lapas maximum security juga dilakukan sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai peredaran narkoba di Lapas dan Rutan. (Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Press Release Akhir Tahun, Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Lampung Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2021

Trending Now

Iklan

iklan