Mengusung Tema Strategi Penguatan Permintaan Domestik di Tengah Ketidakpastian Global, BI Lampung Bersama Media BBM Gelar Diseminasi Perkembangan Perekonomian Terkini

Iklan

Mengusung Tema Strategi Penguatan Permintaan Domestik di Tengah Ketidakpastian Global, BI Lampung Bersama Media BBM Gelar Diseminasi Perkembangan Perekonomian Terkini

Rabu, Mei 08, 2024 | 22:07 WIB 0 Views Last Updated 2024-05-08T15:18:32Z



Suaralampung.com, Lampung-   Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung bersama Bank Indonesia Bersama Media (BBM) BI Lampung triwulan II 2024 melaksanakan diseminasi perkembangan perekonomian terkini dan Bauran kebijakan Bank Indonesia dengan tema “Strategi Penguatan Permintaan Domestik di Tengah Ketidakpastian Global“ yang digelar di Bukit Randu Resto Lampung, Rabu (08/05).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan didampingi Fiskara Indawan, Ekonom Senior Bank Indonesia Provinsi Lampung dan Arry Priyanto, Kepala Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Provinsi Lampung mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi Lampung semakin tinggi. 

Junanto Herdiawan menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang positif dibarengi inflasi rendah tersebut menjadi ciri ekonomi sehat di Lampung. “Pertumbuhan ekonomi Lampung triwulan pertama sebesar 3,3%. Ada beberapa faktor yang masih bisa tumbuh yang menopang ekonomi daerah. Saya yakin di triwulan berikutnya bisa terus tumbuh hingga 4,8 persen. 

Menurutnya, pertumbuhan tersebut didukung kuat oleh sektor ritel. Junanto mengapresiasi Pemprov dalam menjaga stabilitas harga. Terkait stabilitas harga, Ekonom Senior Bank Indonesia Provinsi Lampung Fiskara Indawan mengatakan tantangan perekonomian Lampung saat ini adalah tingginya inflasi bahan pangan. Karena itu, BI mendorong sektor investasi untuk mengakselerasi pertumbuhan perekonomian. Ia menegaskan investasi perlu di tingkatkan.

“Kami akan menggencarkan promosi investasi Lampung untuk menggaet investor,” ujarnya. Fiskara menjelaskan BI Lampung meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong investasi melalui Forum Investasi Lampung. “Kami targetkan pertumbuhan perekonomian Lampung bisa kembali seperti sebelum pandemi,” ujar Fiskara.

Menurutnya, pertumbuhan perekonomian Lampung turut mendorong permintaan konsumsi rumah tangga yang mencapai 60 persen. Sementara di sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh perdagangan besar dan eceran serta industri.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengusung Tema Strategi Penguatan Permintaan Domestik di Tengah Ketidakpastian Global, BI Lampung Bersama Media BBM Gelar Diseminasi Perkembangan Perekonomian Terkini

Trending Now

Iklan

iklan