Sejumlah Ruas Jalan PU Di Tulang Bawang Kondisinya Rusak, Kuat Dugaan Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Dan RAB.

Iklan

Sejumlah Ruas Jalan PU Di Tulang Bawang Kondisinya Rusak, Kuat Dugaan Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Dan RAB.

Redaksi
Selasa, November 22, 2016 | 11:53 WIB 0 Views Last Updated 2016-11-22T04:53:25Z

Suaralampung.com - Sejumlah paket pekerjaan peningkatan jalan yang terdapat pada beberapa titik ruas jalan di Kabupaten Tulangbawang, provinsi Lampung, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Kuat dugaan, kondisi memprihatinkan untuk sejumlah paket pekerjaan peningkatan jalan yang dilakukan Dinas P.U Tulang Bawang di tahun anggaran 2015 - 2016 itu, lantaran pekerjaannya tidak sesuai dengan Spesifikasi dan RAB. Selasa (22/11)

Sehingga karena tidak adanya kesesuaian dengan Spesifikasi dan RAB, sekaligus kurangnya pengawasan oleh Konsultan Pengawas, dan pihak Dinas P.U dalam pelaksanaan pekerjaan yang disinyalir tidak mengacu kepada spesifik Gambar dan RAB yang telah dibuat oleh Konsultan Perencana, mutu maupun kualitas sejumlah pekerjaan peningkatan jalan di kabupaten tersebut, menjadi jauh dari harapan masyarakat.

Dugaan itu, nampak terlihat jelas pada berapa titik ruas jalan yang baru dikerjakan dan kini kondisinya mulai rusak, yaitu pada proyek Peningkatan Jalan s/d Hotmik Ruas Jalan Sp.Bawang Sakti - Cempaka Dalam Kecamatan Menggala Timur yang dikerjakan oleh CV. ABADI PEMBANGUNAN PERSADA pada tahun anggaran 2015 senilai Rp. 1.500.000.000, dengan volume Panjang pekerjaan 1,03 Kilometer, dan Lebar 3,5 Meter. Kendati jalan itu baru selesai dikerjakan pada 2015, akan tetapi kondisi jalan tersebut sudah mulai berlubang, retak - retak panjang, dan amblas dibagian tengah, pinggir baik kanan maupun kiri ruas badan jalan Hotmix tersebut.

Kerusakan jalan ini juga, terjadi pada Ruas Jalan Poros Rajawali - Karya Bakti Kecamatan Meraksa Aji, padahal jalan Lapen itu baru tahun kemarin dikerjakan oleh CV. PUTRI MENGGALA dengan nilai pagu Rp. 1.500.000.000, volume Panjang 3 Kilometer, dan Lebar 3 Meter. Selain itu, tidak ketinggalan terjadi pada Ruas Jalan Kecubung Jaya KNPI - Talang Buah Kecamatan Gedung Aji, pekerjaan yang dilakukan oleh CV. INDO TEKHNIK PRIMA pada tahun 2015 dengan nilai pagu Rp. 3.000.000.000, Panjang pekerjaan 2,25 Kilometer dan Lebar 3,50 Meter, juga mengalami perihal yang sama.

Sutiman (26) atau salah satu warga di kecamatan Meraksa Aji, menyayangan minimnya kualitas jalan yang baru selesai diperbaiki di tahun 2015, namun kondisi jalannya mulai rusak kembali." Sangat disayangkan seperti jalan Lapen dari Simpang Poros Rajawali sampai dengan Karya Bakti ini, jalan yang baru selesai diperbaiki tahun 2015 sudah banyak yang berlubang dan amblas, pada jalan Lapen tersebut batunya banyak yang bertaburan di jalan, kalau tidak cepat diperbaiki jalan itu akan semakin parah". Katanya Sutiman

Berbeda dengan Sutiman, Prayitno yang merupakan warga didaerah itu justeru berterima kasih kepada pemerintah, yang telah berinisiatif memperbaiki jalan dikampungnya." Yang jelas kami juga berterima kasih karena jalan-jalan disini sudah diperbaiki, tetapi kami juga sangat kecewa atas kualitas jalan hotmix di Kecubung Jaya yang baru satu tahun kami nikmati, kondisinya sudah mulai berlubang, dan retak panjang. Sehingga dapat membahayakan pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor". Ujarnya Prayitno

Lebih parah lagi, sambungnya Dia, jalan Kecubung Mulyo yang baru dua bulan selesai dikerjakan, kini sudah banyak berlubang bahkan hotmixnya amblas, serta mengalami retak yang lumayan banyak dan panjang." jalan hotmix yang retak itu, seperti tanah disawah yang kena kemarau panjang. Retak-retak kondisi jalan tersebut persis kaya itu, mungkin adonan untuk pembuatan jalannya ada yang kurang, jadi hasilnya kurang mantap". Terangnya

Kendati demikian, hasil pantauan wartawan dilapangan juga banyak ditemukan pekerjaan jalan pada tahun 2015 yang sudah mulai berlubang. Selain berlubang, banyak dijumpai ruas badan jalan hotmix didaerah tersebut dalam keadaan retak seribu, dan mengelupas. Lebih parahnya terdapat pada jalan Kecubung Mulya -  Kecubung Jaya, pekerjaan Peningkatan Jalan s/d Hotmix Ruas Jalan Kecubung Mulya - Kecubung Jaya Kecamatan Gedung Aji yang baru beberapa bulan selesai dikerjakan oleh CV. PUTRI MENGGALA dengan nilai pagu Rp 3.282.000.000 pada tahun anggaran 2016, kondisi ruas jalan hotmix itu banyak yang telah retak, mengelupas, dan berlubang.

Disinyalir kerusakan pada badan jalan ini terjadi, karena minimnya pengawasan yang dilakukan pihak Konsultan Pengawas, dan pihak Dinas saat sedang dalam proses pelaksanan pekerjaan. Sehingga pihak rekanan melakukan pekerjaan jalan tersebut, campuran yang digunakan dalam pengerjaan jalan oleh pihak rekanan pada material lapisan permukan jalan jelek dan tipis, sehingga ikatan antar aspal dengan agregat mudah lepas akibat pengaruh cuaca.

Sementara, guna menyikapi persoalan itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas P.U Tulang Bawang Dominant Kautsar (Ghofar) ketika akan dikonfirmasikan wartawan terkait dugaan, sekaligus pemilik perusahaan yang mengerjakan jalan tersebut, Ia sedang tidak berada dikantornya." Dari tadi saya belum melihat pak Ghofar dikantor ini, mungkin mereka masih dilapangan". Singkatnya sejumlah staf di bidang Bina Marga setempat (Joni)

Keterangan Gambar:

Kondisi Sejumlah Pekerjaan Peningkatan Jalan Di Kabupaten Tulang Bawang.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sejumlah Ruas Jalan PU Di Tulang Bawang Kondisinya Rusak, Kuat Dugaan Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Dan RAB.

Trending Now

Iklan

iklan