Tak Hanya Bangun Keamanan, Mustafa Jaring Aspirasi Warga Melalui Ronda

Iklan

Tak Hanya Bangun Keamanan, Mustafa Jaring Aspirasi Warga Melalui Ronda

Redaksi
Senin, November 21, 2016 | 05:03 WIB 0 Views Last Updated 2016-11-20T22:03:20Z


Suaralampung.com. Lampung Tengah – Ada banyak manfaat yang didapat dari melakukan aktivitas ronda bersama warga. Setidaknya inilah yang dirasakan Bupati Lampung Tengah, DR. Ir. Mustafa. Menyambangi poskamling dari satu kampung ke kampung lainnya, Mustafa tak hanya mencoba menciptakan keamanan lewat ronda, tetapi juga memanfaatkannya untuk menjaring aspirasi warga.

Saat ronda, Mustafa tak hanya memastikan ronda berjalan dengan baik, tetapi juga menyempatkan diri membaur bersama warga untuk berdiskusi. Menurut Mustafa langkah ini sangat efektif untuk mengetahui keadaan warga yang sesungguhnya. Dari sini Ia mendapat banyak masukan dan keluhan terkait yang dialami warga.

"Untuk mengetahui kondisi warga, kita tidak bisa hanya menunggu di belakang meja. Tapi harus terjun langsung. Inilah yang saya lakukan, setelah mengabsen jadwal ronda warga, biasanya saya sempatkan diri untuk berdiskusi. Disini saya dapat banyak masukan dan keluhan," ungkap Mustafa saat melakukan Ronda di Kecamatan Seputih Surabaya, Sabtu, 19/11/2016, malam.

Mustafa menambahkan, dengan berdiskusi langsung dengan warga, secara otomatis warga diajak terlibat langsung untuk bersama-sama memikirkan serta membangun daerahnya. "Dengan ini diharapkan akan tertanam rasa memiliki, dan warga akhirnya termotivasi untuk membangun daerahnya masing-masing. Apa yang kurang, apa yang menjadi masalah, semua kita diskusikan bersama," imbuhnya.    

Pada kesempatan itu, Mustafa yang didampingi Dandim 0411 Lamteng Letkol Inf. Jajang Kurniawan ini juga mengajak warga untuk meningkatkan kepedulian atas kondisi daerahnya masing-masing. Pembangunan wilayah, sebut Mustafa, tidak akan berjalan baik tanpa dorongan dari masyarakat.

"Jika masyarakat punya semangat untuk maju, Insya Allah pembangunan lebih mudah diwujudkan. Karenanya pemerintah dan masyarakat harus bersinergi, sama-sama bergerak dan mempunyai keinginan kuat untuk maju," tegas Mustafa.

Sementara terkait keamanan, Mustafa meminta masyarakat untuk tetap kompak menjaga kondusifitas di lingkungannya masing -masing. Warga diharapkan tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memecahbelah persatuan.

"Keamanan menjadi tanggung jawab bersama, bukan semata-mata tugas kepolisian. Mari kita jaga wilayah kita. Antisipasi daerah kita dari gangguan apapun. Jika lingkungan aman, masyarakat bisa tenang dan focus untuk menciptakan perubahan-perubahan yang lebih baik," pungkasnya.

Dari pantauan media, selain berdialog dengan warga, Mustafa juga membaur bersama warga dengan bermain gaple (kartu domino). Mustafa berkeliling dari pos satu ke pos lainnya menggunakan sepeda motor bersama warga setempat.

Ronda juga dihadiri Camat Seputihsurabaya Dedi Fadilah, Kapolsek Seputihsurabaya AKP Wayan Budiarta, Danramil Seputihsurabaya Kapten Santoso.(irul)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tak Hanya Bangun Keamanan, Mustafa Jaring Aspirasi Warga Melalui Ronda

Trending Now

Iklan

iklan