Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang

Iklan

Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang

Redaksi
Jumat, Maret 17, 2017 | 05:49 WIB 0 Views Last Updated 2017-03-16T22:49:00Z
SuaraLampung.com - Tulang Bawang, Liputan Advertorial - Pemerintah kabupaten Tulang Bawang menggelar kegiatan festival Megou Pak Tulang Bawang XI, kegiatan itu sebagai rangkaian untuk memeriahkan HUT ke - 20 kabupaten Tulang Bawang. Dalam festival megou pak tersebut, pemkab Tulang Bawang juga menggelar kegiatan Fashion Show Maduaro, sekaligus Parade Budaya Pesona Seribu Tapis. Kamis (16/3)
Pemkab Tulang Bawang juga menggelar kegiatan Fashion Show Maduaro
Acara fashion show busana maduaro yang diawali dengan penampilan tari modern ini, dihadiri oleh Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak.MS, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Penasehat GOW Tulang Bawang Erna Hanan A Rozak, Forkopimda Plus Tulang Bawang, serta para peserta Fashion Show Maduaro, peserta Parade Budaya Pesona Seribu Tapis, dan berbagai unsur masyarakat yang ikut menyaksikan kegiatan dimaksud.
Kegiatan Fashion Show Maduaro
Setelah dibukanya acara ini, para peserta Fashion Show Maduaro unjuk penampilan dengan berlenggak lenggok menampilkan aksinya memamerkan busana Maduaro yang dikenakan. Pada kesempatan itu tidak ketinggalan Sekdakab Tulang Bawang Drs. Sobri.MM beserta Istri, dan para pejabat Pemkab Tulang Bawang juga ikut memeriahkan pertunjukan busana dengan berjalan diatas Catwalk.
Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang
Penasehat GOW Tulang Bawang Erna Hanan A Rozak mengatakan, kabupaten Tulang Bawang selayaknya bangga dan bersyukur memiliki kain tenun khas daerah yang diberi nama Maduaro, dimana kain tenun ini diproduksi oleh pengrajin binaan Dekranasda Tulang Bawang yang telah diakui secara nasional dengan meraih penghargaan Dekranas Award pada tahun 2013.“Untuk itu mari kita bersama-sama terus memelihara, mengembangkan dan mempromosikan kerajinan Maduaro yang kita miliki, salah satunya melalui peragaan busana maduaro, dalam kegiatan Festival Megou Pak, untuk memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Tulang Bawang ini”. Katanya Dia
Parade Budaya Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang
Usai menghelat acara Fashion Show Maduaro, pemkab Tulang Bawang melanjutkan dengan Parade Budaya Seribu Tapis Festival Megow Pak Tulang Bawang XI. Pada kegiatan Parade Budaya tersebut, ribuan peserta yakni para pegawai Satuan Kerja Pemkab Tulang Bawang, Forkopimda, Utusan 15 kecamatan, Pelajar, dan berbagai unsur masyarakat lainnya berpartisipasi dalam parade dengan mengenakan kain tapis budaya khas daerah Lampung.
Parade Budaya Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang
Arak-arakan ribuan peserta yang mengenakan kain tapis pada pawai budaya tersebut, dimulai pada pukul 14.00 dengan start dari depan Rumah Dinas Bupati Tulang Bawang yang dilakukan pelepasan oleh  Sekdakab Tulang Bawang Drs. Sobri.MM. Selanjutnya, peserta parade menempuh rute sekitar 2 km menuju lokasi finish di lapangan Aspol Menggala. Meski panas teriknya matahari pada siang itu, tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk mengikutinya.
Parade Budaya Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang

Parade Budaya Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang
Pada parade ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulang Bawang selaku leading sektor, telah menjadwalkan partisipasi peserta berjumlah sedikitnya 1200 orang mengenakan kain Tapis Lampung. Selain kain tapis, parade juga disemarakkan dengan penampilan peserta yang berpakaian adat Lampung diantaranya Pakaian Pengantin, Pakaian Mirul, Pakaian Bebai Tohou, Pakaian Muli - Menganai, Pakaian Perwatin, dan Pakaian Maduaro. Bahkan ada pula para peserta yang membawa Payung, Appeng, Kandang Rarang, dan Baju Fantasi, busana adat dari berbagai daerah, Parade Topeng.
Parade Budaya Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang
Pesona Seribu Tapis, Parade Budaya Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang
Di lokasi finish lapangan Aspol Menggala, peserta pawai disambut oleh Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak.MS, dan Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Lampung. Dalam penyambutan tersebut, Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak.MS menyatakan rasa terima kasih, dan apreseasi atas partisipasi para peserta maupun berbagai elemen masyarakat, yang telah berperan dalam mensukseskan dan memeriahkan kegiatan itu.“Melalui Festival Megou Pak XI Parade Budaya Pesona Seribu Tapis, sekaligus untuk memeriahkan HUT ke - 20 Kabupaten Tulang Bawang ini, kita semua bisa menyaksikan betapa kayanya potensi kebudayaan daerah yang kita miliki. Oleh karenanya, saya mengajak kepada seluruh unsur masyarakat, marilah selalu kita jaga dan lestarikan sebagai aset dan potensi daerah, serta marilah terus kita tingkatkan pembangunan dan kemajuan kabupaten Tulang Bawang". Pintanya. (Joni - Liputan ADV Kabupaten Tulang Bawang).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Megou Pak XI Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Tulang Bawang

Trending Now

Iklan

iklan