Pentingnya Memelihara Dan Memperkokoh Keselarasan Kebijakan Pembangunan Antar Jenjang Pemerintah

Iklan

Pentingnya Memelihara Dan Memperkokoh Keselarasan Kebijakan Pembangunan Antar Jenjang Pemerintah

Redaksi
Rabu, Maret 15, 2017 | 01:09 WIB 0 Views Last Updated 2017-03-14T18:09:30Z

Suaralampung.com. Pemkab Lampung Barat (Lambar), melalu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten. Acara dibuka secara resmi oleh staf ahli Gubernur bidang pemerintahaan politik dan hukum Lampung, Theresia Sormin, Selasa (14/03) di Aula pemkab Lambar.

Dalam sambutannya, Theresia Sormin menyampaikan, terdapat empat agenda pokok yang disampaikan pada forum yaitu, pokok pertama adalah pentingnya memelihara dan memperkokoh keselarasan kebijakan pembangunan antar jenjang pemerintah, kedua berkenaan dengan tantangan dan isu strategis pembangunan Provinsi Lampung terkait dengan sinergi kebijakan pembangunan Nasional dan Provinsi Lampung tahun 2018. Selanjutnya langkah strategi perencanaan dan program pembangunan yang perlu di lanjutkan oleh pemerintah kabupaten Lambar dalam perspektif pembangunan Provinsi Lampung.

Kemudian pada momen ini Gubernur Lampung wajib untuk senatiasa mengigatkan dan menetapkan kembali cara pandang dan pola tidak bersama bahwa pencapain tujuan dan sasaran pembangunan Nasional, termasuk di dalamnya bertujuan serta sasaran pembangunan provinsi Lampung akan dapat tercapai apabila terdapat kontribusi dari pemerintah kabupaten kota kecamatan hingga Desa atau Kelurahan.

Menurutnya, pelaksanaan Musrenbang pembangunan kabupaten Lambar ini merupakan perwujudan dari pendekatan partisipatif Bottom-up, dan top Down dalam tahapan proses perencanaan pembangunan daerah. "Dari hasil pelaksanaan forum ini hendaknya tak luput dari pentingnya merumuskan dan menselaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten kota dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Lampung dan mendukung kebijakan pembangunan Nasional," terang Theresia.

Dijelaskannya, untuk mewujudkan kesinambungan 9 agenda prioritas (Nawa Cita) dalam RPJMN 2015-2019 pemerintah pusat telah merancang prioritas dan sasaran pembangunan yang akan di capai pada tahun 2018 mendatang. Selaras dengan prioritas Nasional dan terwujudnya kesinambungan pelaksanaan pembangunan sesuai Visi RPJMD Provinsi Lampung tahun 2015 -2019 yaitu, Lampung Maju dan Sejahtera, pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan tema pembangunan tahun 2018 yang bertajuk "Memantapkan pembangunan infrastruktur dan mendorong investasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkualitas".

Terakhir perencanaan yang baik harus konsisten baik antar dokumen perencanaan termasuk dengan penganggaran yang akan disusun dalam APBD. "Saya berpesan kepada semua pihak agar dapat memahami dan mengimplementasikanya secara nyata dalam setiap kesempatan yang baik untuk dapat memberikan karya dan ciptakan suasana yang kondusif," tutupnya. (Eko)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Memelihara Dan Memperkokoh Keselarasan Kebijakan Pembangunan Antar Jenjang Pemerintah

Trending Now

Iklan

iklan