Bupati Buka Sosialisasi KUR dan Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM di Tanggamus

Iklan

Bupati Buka Sosialisasi KUR dan Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM di Tanggamus

Redaksi
Rabu, November 04, 2020 | 06:42 WIB 0 Views Last Updated 2020-11-03T23:42:37Z

Gisting -- Pemkab Tanggamus melalui Bagian Ekonomi Pembangunan, menggelar Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat dan Pemasaran Digital, di Gedung Serbaguna (GSG) Gisting Bawah Kecamatan Gisting.

Bimtek yang digelar selama tiga hari sejak tanggal 03 sampai 05 November 2020 tersebut dibuka oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Selasa (3/11/2020). 

Turut hadir Asisten Bidang Administrasi Jonsen Vanisa, Kepala Bagian Ekobang Firmalinda, Kepala Bank Lampung Cabang Kotaagung Marzuki, Kepala Bank Lampung Unit Talangpadang Bastiah, Lokal Community PT. Shoppe Indonesia Riko Alfarazi, dan Camat Gisting Purwanti.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Sosialisasi.

"Sebagaimana diketahui bahwa Program Kredit Usaha Rakyat (KUR), diluncurkan Pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempermudah akses kredit melalui lembaga Perbankan kepada masyarakat dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah."

"Diharapkan dengan terealisasinya program KUR ini, membantu permodalan bagi para pelaku usaha kecil dan usaha menengah, sehingga kedepannya mampu mempercepat pertumbuhan sektor rill, dan secara langsung dapat berperan dalam menanggulangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat pelaku usaha di Kabupaten Tanggamus," kata Bupati.

Bupati melanjutkan, saat ini banyak para usaha kecil yang dapat bertahan, karena mengubah konsep pemasaran menjadi digital marketing. 

"Metode ini memang bukan hal yang baru, tetapi disaat seperti ini telah menjelma menjadi senjata bagi banyak usaha untuk tetap bertahan dan berkembang. Hal ini juga diperkuat dengan laporan Studi Indonesia Millenial Report 2019 yang dilakukan IDN Research Institute. Dimana sebanyak 94,4% millenial sudah terhubung dengan internet, dan 57,6% diantaranya mencari informasi tentang produk yang ingin dibeli secara online."

"Untuk itu pada Sosialisasi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 ini, juga kami kombinasikan dengan Sosialisasi Pemasaran Digital. Dengan harapan dapat menjadi solusi yang baik bagi pemasaran berbagai produk lokal dari UMKM serta bisnis perdagangan kecil yang ada di Tanggamus," tandas Bupati.

Sebelumnya, dalam laporan Kabag Ekobang Firmalinda, mengatakan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif, kepada pelaku usaha mikro kecil dan kelompok masyarakat lainnya, tentang tata cara memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selain itu untuk memberikan pemahaman tentang tata cara memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan usahanya.

"Adapun sasaran terdiri para pelaku UMKM, kelompok tani, pedagang pasar, perwakilan Bumdes, Pokdarwis dan pelaku usaha lainnya. Kegiatan bakal digelar selama tiga hari dengan peserta sebanyak 40 orang," jelas Firmalinda. 
(Kurdianto/Saripudin/Apriadi/Az)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Buka Sosialisasi KUR dan Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM di Tanggamus

Trending Now

Iklan

iklan