Tempo Sepekan Sat Narkoba Polres Pringsewu Berhasil Meringkus 22 Tersangka

Iklan

Tempo Sepekan Sat Narkoba Polres Pringsewu Berhasil Meringkus 22 Tersangka

Redaksi
Selasa, Maret 30, 2021 | 07:40 WIB 0 Views Last Updated 2021-03-30T00:42:06Z

Pringsewu-Pemberantasan terhadap segala bentuk penyalahgunaan narkotika  terus dilakukan oleh jajaran Sat narkoba Polres Pringsewu. hasilnya, dalam sepekan Sat narkoba Polres Pringsewu berhasil meringkus 22 tersangka yang terdiri dari 4 bandar, 5 pengedar, 4 kurir dan 9 pemakai.

Kasat Narkoba Iptu Khairul Yassin Ariga, S.kom mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK  menjelaskan ke 22 tersangka dilakukan penangkapan di 13 tempat terpisah, sejak  22 hingga 28 Maret 2021. Menurutnya selain meringkus 22 pelaku pihaknya juga turut mengamankan sejumlah barang bukti dalam berbagai jenis.

"Barang bukti yang berhasil kami sita yakni narkotika jenis sabu seberat 16,92 gram, 1 butir inek, 0,39 gram ganja, 1 buah timbangan digital, 9 buah alat hisap sabu (Bong) dan uang tunai 200 ribu" ujar Iptu Khairul Yassin Ariga, S,Kom pada Senin (29/3/21) siang.

Ia mengungkapkan dari 22 tersangka yang diduga berperan sebagai bandar yaitu BI (42) E als Apen (43) warga Pekon Margakaya Kecamatan Pringsewu, Handika (30) warga desa Balairejo Kecamatan Kalirejo Lampung tengah dan F (29) warga Dsn Purwosari Pekon tegalsari Kecamatan gadingrejo kabupaten Pringsewu.

Selanjutnya yang diduga berperan sebagai pengedar antara lain CR (37) warga Desa Wayakrui Kecamatan kalirejo Lampung tengah, RE (41) dan DI (37) warga Pekon tanjung kemala Kecamatan pugung Tanggamus, RR (20) warga Perumnas Podosari Kecamatan Pringsewu dan I (20) alamat Pekon Tulung Agung Kecamatan Gadingrejo.

Kemudian yang berperan sebagai kurir yakni S als Mamek (50) alamat Pekon Sinarwaya Kecamatan banyumas,  MY (45) alamat Pekon Tanjung kemala Kecamatan Pugung Tanggamus, RLS (21) alamat Perumnas Podosari Pringsewu dan WS als Puput (29) alamat Jl Wismarini Kelurahan Pringsewu Selatan Pringsewu.

sedangkan yang berperan sebagai pemakai sebanyak 9 tersangka antara lain FO (18), DW (48), FA (42) alamat Perumnas Podosari Pringsewu, N (37) warga Pekon Podomoro Kecamatan Pringsewu, AP (36) alamat Pekon Sukoharum Kecamatan Adiluwih, MI (22) dan YR (23) alamat Pekon Tulung Agung Kecamatan gadingrejo, N als Aceng (40) alamat Pekon Wonodadi Kecamatan Gadingrejo dan IA als Ebok (34) alamat kelurahan Pringsewu Utara Kecamatan Pringsewu.

menurut Kasat Narkoba dari 22 tersangka yang berhasil diringkus tersebut, 2 diantaranya merupakan sepasang suami istri. "jadi dari 22 tersangka yang berhasil kami amankan, dua diantaranya merupakan sepasang sumai istri yakni  DW dan FA" ungkapnya

selanjutnya Kasat Narkoba menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjauhkan diri dari bahaya Narkoba. Sekali terjerumus dalam dunia hitam barang haram tersebut, maka akan sulit untuk keluar.

"Efek narkoba berbahaya bagi kesehatan, ketika sesorang sudah terjerumus kecanduan Narkotika akan sulit keluar dari candu dan butuh rehabilitasi yang panjang untuk melupakan obat-obatan terlarang tersebut," kata Khairul Yassin.

Selain itu Iptu Khairul Yassin juga mengingatkan dampak hukum dari penyalahgunaan Narkoba. Menurut ia, aturan terkait itu telah diatur dalam perangkat perundang-undangan yang tegas.

"Hukum yang akan menjerat pelaku pemilik Narkotika diatur dalam UU No 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman kurungan minimal mulai 4 tahun dan maksimal bisa seumur hidup atau hukuman mati," pungkasnya. (Azhimi)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tempo Sepekan Sat Narkoba Polres Pringsewu Berhasil Meringkus 22 Tersangka

Trending Now

Iklan

iklan