Bupati Waykanan hadiri Peringatan hari Kartini tahun 2021

Bupati Waykanan hadiri Peringatan hari Kartini tahun 2021

Peringatan Hari Kartini Tahun 2021 yang di gelarb
Di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan
Selasa, 27 April 2021

 Bupati Waykanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,MM. Dalam sambutan nya menyampaikan.

RA. Kartini dikenal sebagai wanita yang mempelopori kesetaraan derajat laki-laki dan perempuan di Indonesia. Hal ini dimulai ketika Kartini merasakan banyaknya diskriminasi yang terjadi antara laki-laki dan perempuan pada masa itu, dimana beberapa perempuan sama sekali tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan. Kartini sendiri mengalami kejadian ini ketika ia tidak diperbolehkan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.
Larangan untuk Kartini mengejar cita-cita bersekolahnya muncul dari orang yang paling dekat dengannya, yaitu ayahnya sendiri. Ayahnya bersikeras Kartini harus tinggal di rumah karena usianya sudah mencapai 12 tahun, berarti ia sudah bisa dipingit.
Selama masa ia tinggal di rumah, Kartini kecil mulai menulis surat-surat kepada teman korespodensinya yang kebanyakan berasal dari belanda, dimana ia kemudian mengenal Rosa Abendanom yang sering mendukung apapun yang direncanakan Kartini. Dari Abendanom jugalah Kartini kecil mulai membaca buku-buku dan Koran Eropa yang menyulut api baru di dalam hati Kartini, yaitu tentang bagaimana perempuan-perempuan Eropa mampu berpikir sangat maju, sementara melihat perempua-perempuan Indonesia saat itu pada strata sosial yang amat rendah.
Belajar dari sejarah perjuangan Kartini tersebut, Peringatan Hari Kartini hari ini merupakan moment penting dalam rangka meningkatkan semangat untuk perjuangan kesetaraan gender dan kemajuan perempuan secara umum. Peringatan Hari Kartini juga menjadi cambuk pengingat bagi seluruh bangsa Indonesia agar terus memperjuangkan upaya menekan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan ketidaksetaraan atau ketimpangan relasi laki-laki dan perempuan.


Indikator kualitas sumber daya manusia, secara makro diukur dengan indeks pembangunan manusia (IPM), IPM mengukur kapabilitas dasar manusia pada bidang : kesehatan (angka harapan hidup), pendidikan (rata-rata lama sekolah dan harapan rata-rata lama sekolah) dan ekonomi (produk domestic bruto perkapita yang di hitung berdasarkan paritas daya beli), sedangkan untuk mengukur tingat disparitas gendernya menggunakan Indikator Pembanguna Gender (IPG). Dalam data IPG terakhir masih terdapat kesenjangan yang cukup besar apabila kita bandingkan dengan kualitas hidup laki-laki. Beberapa aspek penting yang merupakan penghambat upaya peningkatan kualitas hidup perempuan antara lain ditunjukan pada beberapa aspek, yaitu dibidang Pendidikan, dbidang Kesehatan, dibidang Ekonomi, dibidang Politik dan Pengambilan Keputusan.


Ketimpangan dan kurangnya peran serta perempuan dan rendahnya Kualitas Hidup Perempuan (KHP), secara umum mengakibatkan lambatnya keberhasilan dalam Pembangunan Nasional. Kemajuan perempuan sebagai prasyarat pengingkatan kualitas manusia Indonesia karena : a. separuh pendudukan adalah perempuan jika kualitasnya buruk, maka keseluruhan kualitas manusia rendah, b) perempuan adalah bagian keluarga yang menentukan kualitas generasi penerus, c) potensi perempuan sangat besar, harus di beri ruang dan peluang yang besar agar kontribusinya maksimal, d) perempuan dan laki-laki mempunyai potensi pada bidang-bidang yang saling melengkapi.
Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan akan mensosialisasikan apa yang di sebut Three Ends , yaitu akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri Kesenjangan ekonomi bagi perempuan.
Alhamdulillah, tahun ini Kabupaten Way Kanan dalam memperingati Hari Kartini diadakan dengan Lomba-lomba antar Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten Way Kanan dan mengadakan Puncak Peringatan Hari kartini dengan Tema "Dengan semangat Kartini Kita Tingkatkan Peran Perempuan dalam Mencerdaskan Anak Bangsa sebagai Penerus yang Berkepribadian Mulia"
(Tayib)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Waykanan hadiri Peringatan hari Kartini tahun 2021"

Posting Komentar