Kunjungan Idul Fitri 1444 H, Karutan Bandarlampung Bersama TNI dan Polri Terus Perkuat Sinergitas Keamanan

Iklan

Kunjungan Idul Fitri 1444 H, Karutan Bandarlampung Bersama TNI dan Polri Terus Perkuat Sinergitas Keamanan

Redaksi
Senin, April 24, 2023 | 17:28 WIB 0 Views Last Updated 2023-04-24T11:29:56Z

Suaralampung.com, Bandarlampung —

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandar Lampung, Iwan Setiawan terus menjalin sinergitas keamanan dengan institusi Koramil Tanjung Bintang dan Polsek Jati Agung serta menambah petugas Rutan untuk keamanan pada masa kunjungan lebaran Idul Fitri 1444 H.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah (KPR) Rutan Kelas 1 Bandarlampung Yusuf Priyo Widodo menjelaskan Rutan Bandarlampung menambah petugas tambahan pada masa kunjungan lebaran yang dibuka selama empat hari bagi keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Jadi selama masa kunjungan lebaran, kami telah menjadwalkan petugas tambahan selain petugas jaga dalam pengamanannya di rutan," kata Yusuf Priyo Widodo. Ia mengatakan bahwa hal tersebut guna mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak dinginkan saat keluarga warga binaan melakukan kunjungan, sehingga memang Rutan harus waspada dan teliti.

Menurutnya, pada hari ketiga sudah ada sekitar 3.000 kunjungan dari keluarga WBP yang datang, maka kami harus betul-betu detail dalam memeriksa barang bawaan mereka agar tidak ada barang terlarang yang dibawa masuk. Selain itu, lanjut dia, pada masa kunjungan lebaran ini, Rutan juga melakukan sinergi dengan TNI/Polri dalam pengamanan di area Rutan.

"Sebenarnya kerjasama sudah dibentuk sejak lama, tetapi itu dalam hal sambang. Jadi setiap harinya pihak TNI/Polri dalam hal ini Koramil Tanjungbintang dan Polsek Jati Agung di jam tertentu ada giat sambang ke rutan, namun untuk empat hari ini di masa kunjungan lebaran kami minta bantu untuk siap siaga di Rutan," kata dia.

Yusuf menambahkan bahwa pada masa kunjungan lebaran ini pihak rutan memberikan hadiah bagi pengunjung, dimana mereka dapat masuk membawa makanan untuk dimakan dengan bersama dengan warga binaan.

"Jadi untuk saat ini ada spesialnya, pengunjung boleh bawa makanan untuk bisa makan bersama dengan narapidana, tapi tetap petugas juga akan melakukan pemeriksaan secara detail sehingga memang cuman barang yang diperbolehkan saja yang bisa dibawa masuk," kata dia.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungan Idul Fitri 1444 H, Karutan Bandarlampung Bersama TNI dan Polri Terus Perkuat Sinergitas Keamanan

Trending Now

Iklan

iklan