Terkait Polemik Interen MPAL Kota Siap Laksanakan Acara Adat Begawi

Iklan

Terkait Polemik Interen MPAL Kota Siap Laksanakan Acara Adat Begawi

Redaksi
Kamis, September 15, 2016 | 21:50 WIB 0 Views Last Updated 2016-09-21T22:17:12Z
Suaralampung.com - Bandar Lampung, Acara yang bertajuk Anjau Silau, Pengurus Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) di gelar Di Gedung Semergou Perkot  Bandar Lampung. Rabu (14/9/ 16). Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dengan berpakaian Adat Lampung ini juga dihadiri oleh dewan Pembina MPAL Kota Herman HN yang merupakan Walikota Bandar Lampung Periode 2016-2021.

Dalam acara yang digagas  mengatasnamakan Pengurus MPAL Se-Kecamatan Kota Bandar Lampung ini berkembang 2 isu krusial dimana salah satunya adalah semakin mempertegas ketidakharmonisan hubungan antara Pengurus MPAL Kota dan Pengurus MPAL Kecamatan, yang selama ini berkembang dan berlanjut dalam acara ini dengan adanya Mosi Tidak Percaya terhadap kepengurusan MPAL kota oleh MPAL Kecamatan, dengan mengajukan secara terbuka di dalam forum ini kepada Pimpinan Sidang yang salah satunya adalah Dewan Pembina MPAL kota, Walikota Bandar Lampung Herman HN  untuk mengganti Kepengurusan dibawah ketua MPAL Kota Chory, sedangkan isu lainnya berupa persiapan dalam acara Begawi adat yang  menurut rencana akan dilangsungkan pada Bulan Oktober 2016 dimana MPAL terlibat didalam perhelatan Begawi tersebut.

Herman HN, seusai acara menjawab pertanyaan salah seorang wartawan mengatakan, bahwa acara Begawi ini akan dihadiri oleh Wisatawan dari 4 negara, dan untuk lebih jelasnya silahkan dikomfirmasi kepada asisten 3 Pemkot Bandar lampung, perihal apa saja rencana hal terkait yang akan ditampilkan dalam acara ini, karena acara ini juga menjadi ajang promosi wisata bagi Kota Bandar Lampung  " Jelasnya.
Terkait Polemik Interen MPAL Kota Siap Laksanakan Acara Adat Begawi
Ketika suaralampung.com bertanya apakah acara ini dilakukan sendiri oleh Pemkot ataukah ada pihak lain yang diajak kerjasama, Herman HN dengan serius dan santai menjawab pertanyaan tersebut, bahwa ini kita kerjasama dengan Perkumpulan/organisasi Dosen  Universitas lampung (Unila), terang Walikota Bandar Lampung.

Menanggapi usulan yang dilontarkan peserta MPAL Kecamatan dalam acara ANJAU SILAU ini, perihal pergantian ketua MPAL kota, Walikota Bandar Lampung dengan bijak memutuskan memberi tenggang waktu 15 Hari kedepan untuk dapat diselesaikan.

"Lakukan koordinasi dan Konsolidasi antar Pengurus, saya tidak bisa maen pecat begitu saja tentunya dalam hal ini, saya berharap dapat diselesaikan dengan baik, sehingga MPAL kembali utuh, tidak terpecah pecah " terangnya.

Menjawab desakan pertanyaan salah satu Jurnalis jika tak dapat diselesaikan dengan baik, pak Herman HN, mengatakan.
"Tentunya akan dilakukan Muscablub, sesuai aturan yang berlaku di MPAL, hanya saja sekali lagi saya tekankan, dapat diselesaikan tampa Muscablub,"tegas Beliau.

Sementara Choiry, Ketua MPAL Kota Bandar lampung seusai acara dihadapan para Jurnalis mengatakan,  "ini hanya miskomunikasi saja sehingga terjadi adanya usulan pergantian kepengurusan MPAL dari yang mengatas namakan MPAL Kecamatan, dan saya tegaskan Bahwa MPAL kota siap melakukan Koordinasi dan Konsolidasi demi keutuhan MPAL seperti saran dari dewan Pembina MPAL pak Herman HN, jadi kepada siapapun yang merasa cinta dan peduli, mari kita duduk bersama, toh kami juga punya sekretariat yang dapat dijadikan sebagai tempat membahas hal hal perbaikan MPAL kedepan, sedangkan hal hal lainnya sementara saya no Coment, agar tidak terus bergulir lebih jauh dan untuk mencegah berkembangnya hal hal negative bagi keutuhan MPAL, sebab sampai hari ini saya masih berpegang teguh terhadap saran Dewan Pembina yang pernah disampaikan kepada saya, agar MPAL tetap dalam kondisi kondusif " Papar Chory.

Mohammad Abduh salah satu Pengurus MPAL Kota bagian OKK, ketika suaralampung menyambangi sekretariat MPAL dibilangan Stadion Pahoman, Menjelaskan, bahwa ia masih meragukan ke absahan Pengurus MPAL Kecamatan yang hadir dalam acara Anjau Silau tersebut sebanyak 17 Kecamatan, karena banyak yang hadir bukan ketua ketua MPAL Kecamatan.

Menurutnya hanya 4 kecamatan yang memiliki keabsahan sebagai Ketua pengurus MPAL Kecamatan, sebab kami memiliki data kepengurusan MPAL kecamatan se Bandar lampung, dan MPAL Kota telah melakukan Konsolidasi di 13 Kecamatan dan 7 Kecamatan sedang dalam proses Konsolidasi, 7 Kecamatan tersebut adalah Labuhan Ratu, Langkapura, Tangjungkarang Timur, Sukarame, Way halim, Tanjung Karang Barat dan tanjungkarang Pusat.
Dan Proses Konsolidasi ini bukan tanpa dasar, karena Kepengurusan MPAL Kecamatan berahkir pada Tanggal 1 Mei 2016, sehingga statusnya Demisioner.

"Menurut saya sisi lain MPAL Kota mesti mengambil suatu kebijakan agar organisasi dapat terus berjalan yang sesuai dengan AD-ART, sebab jika organisasi vacum tentu kita yang akan dipersalahkan, atas dasar itulah maka MPAL kota melakukan pemberitahuan melalui surat kepada seluruh MPAL se-kecamatan Kota Bandar Lampung atas berahirnya kepengeurusan MPAL Kecamatan, untuk segera melakukan pemilihan ketua MPAL kecamatan dan konsolidasi yang dilakukan ini diperkuat oleh surat Sekda Kota Bandar lampung, Pak Badri Taman kepada seluruh camat dikota Bandar lampung, agar membantu konsolidasi yang dilakukan MPAL Kota terhadap Kepengurusan MPAL Kecamatan, dan ini surat surat perihal tersebut terlampir pada arsip kami di sekretariat, " Terang Abduh sambil menunjukan surat surat dimaksud kepada suaralampung.com.

Sementara Ratu Bagya Bidang Seni dan Budaya MPAL Kota Bandar Lampung ditempat yang sama menambahkan keterangan. "Kami siap melaksanakan acara Adat Begawi, dan kami jamin akan berjalan Sukses asal dana untuk acara tersebut tersedia. Bukankah selama ini acara acara yang sudah kami jalankan berjalan sukses seperti yang sudah kami lakukan beberapa waktu lalu, " terangnya.  (Laporan Juanda Isha, Biro Bandar Lampung)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terkait Polemik Interen MPAL Kota Siap Laksanakan Acara Adat Begawi

Trending Now

Iklan

iklan