Pemkab Tanggamus Gelar Apel Persiapan Pemantauan Tahapan Lanjutan Pilkakon Serentak Tahun 2020

Iklan

Pemkab Tanggamus Gelar Apel Persiapan Pemantauan Tahapan Lanjutan Pilkakon Serentak Tahun 2020

Redaksi
Rabu, Desember 02, 2020 | 20:44 WIB 0 Views Last Updated 2020-12-02T13:44:47Z

Kotaagung -- Pemkab Tanggamus Gelar Apel Persiapan Pemantauan Tahapan Lanjutan Pilkakon Serentak Tahun 2020 di Lapangan Pemkab Tanggamus, Rabu (02/12/2020).

Bertindak sebagai Pembina Apel Sekdakab Tanggamus Hamid H Lubis, dengan dihadiri Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala
Perangkat Daerah (PD), serta para Camat se Kabupaten Tanggamus. Dengan peserta Apel Penjabat Kepala Pekon se Kabupaten Tanggamus, serta Satpol PP dan Dinas Perhubungan Tanggamus.

Sekdakab Hamid H Lubis dalam pengarahannya mengatakan bahwa Apel kali ini merupakan upaya untuk mewujudkan sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah, Kecamatan, Pemerintah Pekon, Panitia Pemilihan dan komponen lainnya.

"Sehingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) di Kabupaten Tanggamus yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Desember 2020, nantinya kita harapkan dapat terwujud sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, dan berlangsung aman, damai, tertib dan lancar," kata Sekda.

Sekda melanjutkan, Pemilihan Kepala Pekon yang akan dilaksanakan nanti memiliki potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang ditimbulkan. Hal itu disebabkan karena masyarakat berinteraksi dan berhubungan langsung dengan calon yang akan dipilihnya.

"Akan terjadi dinamika sosial, perbedaan pendapat, sesama saudara, keluarga dan teman itu sudah pasti akan terjadi. Pada setiap tahapan pelaksanaan Pilkakon, terdapat titik kerawanan yang berpotensi menimbulkan permasalahan."

"Guna meminimalkan potensi kerawanan yang ada, maka saya minta kepada seluruh pihak yang terkait, baik Panitia Pilkakon, Tim Pengawas, BHP dan Calon Kakon, untuk selalu berpedoman pada aturan dan ketentuan yang berlaku. Kepada Camat dan Tim Fasilitasi Pilkakon Tingkat Kabupaten, agar secara proaktif melakukan monitoring dan pembinaan terhadap setiap tahapan pelaksanaan Pilkakon," terang Sekda.

Sekda meminta semua pihak yang terlibat untuk melakukan langkah penyelesaian yang komprehensif terhadap setiap permasalahan yang ada. Guna menjaga kondusifitas wilayah dan
pelaksanaan Pilkakon berjalan tertib dan lancar.

Kepada Tim Monitoring Sekda menginstruksikan agar wajib hadir dan menjalankan tugas berdasarkan Surat Perintah Tugas Tim Monitoring pada pelaksanaan Pilkakon Serentak Tahun 2020. Lalu melakukan koordinasi dengan Camat untuk memantau proses penyelenggaraan Pilkakon di tingkat Pekon, pada masa ;
1. Kampanye 10-12 Desember 2020
2. Masa Tenang 13-15 Desember 2020
3. Pemungutan Suara: 16 Desember 2020;
4. Setelah melaksanakan tugas segera melaporkan hasilnya kepada Bupati Tanggamus melalui Bagian Tata Pemerintahan
Setdakab Tanggamus.

Kemudian kepada para Camat, Sekda meminta untuk selalu berkoordinasi dengan Unsur Pimpinan Kecamatan, untuk memonitor situasi serta kondisi wilayah serta memastikan bahwa Panitia Pemilihan Kepala Pekon tingkat Pekon memahami peraturan yang berlaku dalam pelaksanaan Pilkakon selama masa pandemi Covid-19.

Lalu kepada Pj. Kepala Pekon, diminta untuk memantau pelaksanaan kampanye dan masa tenang agar berjalan dengan aman dan kondusif. Bertanggung jawab penuh terhadap cipta kondisi
di wilayah Pekon, wajib hadir pada pemungutan dan penghitungan
suara, wajib berkoordinasi dan mendukung penuh panitia pemilihan tingkat pekon, agar tahapan Pilkakon berjalan sesuai dengan aturan, serta berkoordinasi dengan tim pengamanan dalam menjaga ketertiban lingkungan TPS. 

Sekda juga mengingatkan bahwa dalam proses Pilkakon nantinya, permasalahan yang mungkin akan timbul, tidak terlepas dari para Calon Kepala Pekon dan massa pendukungnya.

"Oleh karenanya mari kita sama-sama mengingatkan kepada para Calon Kakon agar dapat mengendalikan massa pendukungnya, memberi contoh dan keteladanan kepada masyarakat dan mampu dalam menjaga situasi yang kondusif."

"Jangan memprovokasi pendukungnya untuk melakukan tindakan yang dapat memperkeruh suasana dan mengganggu tahapan Pilkakon. Karena setiap calon Kakon akan dimintai pertanggung jawaban apabila terdapat massa pendukung yang melakukan upaya-upaya yang menghambat Pilkakon," ajak Sekda.

Sekda berharap semua pihak nantinya dapat menerima dengan ikhlas dan lapang dada terhadap hasil pemungutan suara. 

"Jika Pilkakon berjalan tertib dan lancar, maka situasi Pekon akan kondusif, pembangunan Pekon makin maju dan masyarakat jadi sejahtera," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu diserahkan juga bantuan kepada para honor daerah baik dari Perangkat Daerah, Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang telah bersumbangsih dalam pengendalian baik Covid-19 maupun musibah banjir yang melanda Kabupaten Tanggamus. (Saripudin/kurdianto/Apriadi/Az)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Tanggamus Gelar Apel Persiapan Pemantauan Tahapan Lanjutan Pilkakon Serentak Tahun 2020

Trending Now

Iklan

iklan