ITERA Mulai Tahapan Pemilihan Rektor Periode 2022–2026

Iklan

ITERA Mulai Tahapan Pemilihan Rektor Periode 2022–2026

Redaksi
Senin, Februari 14, 2022 | 17:42 WIB 0 Views Last Updated 2022-02-14T13:12:37Z

Suaralampung.com, Bandarlampung — Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memulai tahapan Pemilihan Rektor untuk masa jabatan 2022–2026. Peluncuran jadwal Pemilihan Rektor (Pilrek) dan konferensi pers dilaksanakan oleh Panitia Pilrek ITERA, di Ruang Rapat Gedung A Kampus ITERA, Senin, 14 Februari 2022. 

Dalam Pilrek ITERA tahun 2022, Senat ITERA yang diketuai oleh Prof. Dr. Sukrasno, M.S., telah menetapkan susunan Panitia Pilrek ITERA, dan menyusun jadwal yang telah disetujui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Ketua Panitia Pilrek ITERA Tahun 2022, Dr. Eng., Lukman Nulhakim, M.T., dalam kesempatan tersebut memaparkan jadwal Pilrek ITERA tahun 2022, yang telah ditetapkan diawali pengumuman dan pendaftaran bakal calon rektor yang dimulai, Senin, 14 Februari 2022, hingga 14 Maret 2022. Selanjutnya pengumuman bakal calon rektor yang dinyatakan lolos memenuhi syarat administrasi akan dilaksanakan pada 31 Maret 2022.

Para calon Rektor yang telah ditetapkan oleh Senat ITERA selanjutnya akan dijadwalkan menyampaikan visi, misi, program, dan penjaringan aspirasi sivitas akademika pada 14 April 2022. Penetapan 3 (tiga) calon rektor dan penyerahan tiga nama calon rektor ke menteri akan dilaksanakan pada 14 April 2022, sementara pemungutan suara dan penetapan calon rektor terpilih dijadwalkan pada 12 Mei 2022. Rangkaian Pilrek akan ditutup dengan agenda penetapan dan pelantikan rektor terpilih dijadwalkan dilaksanakan pada 3 Juli 2022.

"Kami tentunya mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk ikut berpartisipasi menjadi bakal calon Rektor ITERA," ujar Dr. Lukman. Selain itu, Dr. Lukman juga menjelaskan persyaratan calon rektor ITERA dengan merujuk pada  Permenristekdikti no 19 Tahun 2017, diantaranya calon rektor harus berstatus pegawai negeri sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah Lektor Kepala, berusia maksimal 60 tahun, pada saat dilantik. 

Calon rektor juga memiliki pengalaman manajerial paling rendah sebagai ketua jurusan atau sebutan lain yang setara, atau ketua lembaga paling singkat 2 (dua) tahun di PTN, atau paling rendah sebagai pejabat eselon II.a di lingkungan instansi pemerintah. Selain itu, persyaratan lainnya, calon rektor harus berpendidikan doktor (S3), hingga tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Persyaratan selengkapnya dapat diakses melalui lama resmi pilrek ITERA di pilrek.itera.ac.id yang mulai hari ini kami luncurkan," ujar Lukman.

Sementara Ketua Senat ITERA Prof. Sukrasno, M.S., dalam sambutanya menyampaikan, agenda Pilrek ITERA Tahun 2022 merupakan agenda penting untuk memilih pemimpin yang dapat membawa kemajuan bagi ITERA ke depan. Prof. Sukrasno juga berharap, para generasi terbaik bangsa dapat berpartisipasi dalam Pilrek ITERA. 

"Berbagai program untuk peningkatan kualitas atau mutu akademik menjadi poin utama dalam pemilihan Rektor ITERA tahun ini. Sebab, mutu akademik adalah kunci untuk ITERA dapat menunaikan tugas yang diemban," ujar Prof. Sukrasno.

Prof. Sukrasno menyebut, tugas utama yang selama ini diemban ITERA adalah melahirkan sumber daya manusia unggul dan berkualitas, khususnya di bidang sains dan teknologi, untuk membangun Sumatera, dan Indonesia.

Dalam kegiatan peluncuran Agenda Pilrek ITERA dan konferensi pers yang diadakan secara hybrid tersebut, turut hadir Rektor ITERA Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., Kepala Biro Perencanaan, Umum, dan Akademik, drh. Sri Sulistiawati, M.M., anggota Panitia Pilrek ITERA tahun 2022, jurnalis berbagai media, serta sivitas akademika ITERA.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • ITERA Mulai Tahapan Pemilihan Rektor Periode 2022–2026

Trending Now

Iklan

iklan