Kabupaten Tanggamus Gelar Upacara Hari Jadi yang Ke-26 Tahun, Ini Sejumlah Prestasinya

Iklan

Kabupaten Tanggamus Gelar Upacara Hari Jadi yang Ke-26 Tahun, Ini Sejumlah Prestasinya

Redaksi
Kamis, Maret 23, 2023 | 07:15 WIB 0 Views Last Updated 2023-03-23T00:21:37Z

Suaralampung.com, Tanggamus - Kotaagung
, Kabupaten Tanggamus menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi yang ke 26 Tahun Tanggamus. Acara berlangsung di Lapangan merdeka Kotaagung.  Dilanjutkan Ziarah makam pahlawan dan tabur bunga, dan diakhiri dengan doa bersama di rumah dinas bupati Kecamatan Kotaagung. Selasa (21/3/2023). Diberikan juga piagam penghargaan Satya lencana karya Satya kepada pejabat yang sudah mengabdikan dirinya selama 10 20 dan 30 tahun masa kerja.

Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten Tanggamus berdasarkan Undang-Undang Nomor 02 Tahun 1997 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang bawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus, yang pada tanggal 21 Maret ini ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Kabupaten Tanggamus dan kita peringati setiap tahunnya.


Semoga peringatan hari bersejarah ini menjadi momentum Evaluasi dan Instropeksi terhadap apa
yang telah kita sumbangkan untuk Kabupaten Tanggamus, khususnya dalam mendorong terciptanya
Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera. Lanjut Bupati , dihari paling bahagia bagi Kabupaten tercinta, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-26 Kabupaten Tanggamus, Kabupaten kebanggaan kita semua, Bumi Begawi Jejama, 

Kabupaten yang dicintai lebih dari 640 ribu warga masyarakatnya, dari ujung Kecamatan Pugung sampai ujung Kecamatan Pematang Sawa, dari ujung Kecamatan Ulu Belu sampai ujung Kelumbayan. Kabupaten dengan 20 Kecamatan dan 302 Pekon/Kelurahan. Kabupaten yang kerap dijuluki Tangga Menuju Sukses, Tangga Menuju Surga. Tanggamus memang KEREN. Sebagai masyarakat Tanggamus kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Tanggamus sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih gemilang, Ucapnya.

Kemudian seperti kita tahu, selama 3 (tiga) tahun terakhir, pandemi Covid-19 melanda kita dan seluruh dunia. Merusak sendi-sendi kehidupan kita, dan Syukur Alhamdulillah Pandemi saat ini sudah dapat kita kendalikan. Dengan segala keterbatasan akibat dampak Pandemi, kita masih bisa terus bekerja keras memberikan yang terbaik bagi kabupaten dan warga masyarakat kita tercinta, sebagai contoh dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, kita telah berusaha melakukan perubahan sungguh-sunggguh untuk membangun pemerintahan yang baik, serta memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, dengan membudayakan pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), memenuhi rasa keadilan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan mendahulukan kepentingan rakyat.


Beberapa Indikator pembangunan menunjukkan perbaikan yang lebih baik, diantaranya:
  1. Indeks Pembangunan Manusia.
  2. Angka Kemiskinan Tanggamus tahun 2022 berhasil turun di angka 10,98%.
  3. Angka Pertumbuhan Ekonomi di angka 4,16% dari tahun sebelumnya 2,3%.
  4. Indeks Kepuasan Masyarakat di angka 86,43 dari 70,93.
  5. Jumlah Sekolah di Kabupaten Tanggamus saat ini Meningkat.
  6. Untuk rogram Semua Bisa Sekolah (SBS).
  7. Pada Bidang Kesehatan, kita telah melaksanakan pembangunan fasilitas kesehatan berupa 2 unit baru Puskesmas.
  8. Ketersediaan Alat Kesehatan pada Puskesmas se-Kabupaten Tanggamus, Dan lain lain.

Selanjutnya, program 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati juga telah kita laksanakan dan sebagian besar membawa hasil dan dampak yang cukup baik, diantaranya:
  1. Program 1 Ambulans 1 Pekon : saat ini telah tersedia 298 unit mobil Ambulans Pekon dan Kapal Ambulans Laut. 1 Pekon (Atar Lebar-BNS) belum memiliki, dikarenakan lokasi medan transportasi sangat menyulitkan sehingga belum ter-akomodir.
  2. 17 Puskesmas Rawat Inap yang ada, telah memiliki Alat USG.
  3. Akte kelahiran sudah dapat diterima di klinik bersalin, Puskesmas Rawat Inap dan RS.
  4. Pelayanan Adminduk dengan mobil e-KTP keliling yang rutin dilaksanakan dan tidak dipungut biaya.
  5. Perluasan Jaringan Komunikasi, dengan fasilitasi pembangunan Menara Telekomunikasi di daerah terpencil, diantaranya pembangunan BTS di Kelumbayan, Cukuh Balak dan Pematang Sawa.
  6. 6. Dan lain lain.


Selain itu, Prestasi dan penghargaan yang Kami terima dan Kabupaten Tanggamus terima, diantaranya:
  1. Meraih opini WTP dari BPK. Merupakan raihan 4 Tahun berturut-turut selama 4 tahun menjabat Bupati Tanggamus. Secara total Tanggamus telah meraih 7 kali Raihan WTP dari BPK (Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022).
  2. Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. Ini merupakan raihan Juara Umum untuk 6 kali berturut-turut sejak Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2022.
  3. Meraih Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspirati Peduli sosia kemasyarakatan, dari Radar Lampung.
  4. Meraih Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dengan Kategori Kabupaten Terinovatif, dari Kemendagri dan masih banyak lagi penghargaan lainnya, Ujarnya”.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati AM. Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Porkofomda, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD Terkait, Kalapas, Karutan, Kemenag, Unsur Vertikal BUMN, BUMD , Ketua TP PKK Tanggamus. ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Bayangkari, ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Camat beserta ketua TP PKK Kecamatan se Tanggamus, Lurah, Abdesi, Kepala Pekon, serta peserta upacara. (ADV Humas Tgms)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabupaten Tanggamus Gelar Upacara Hari Jadi yang Ke-26 Tahun, Ini Sejumlah Prestasinya

Trending Now

Iklan

iklan